Polisi: 3 Pilot Ngaku Nyabu Saat Santai di Rumah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 16:43 WIB
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung (Farih/detikcom)
Jakarta -

Tiga pilot ditangkap polisi karena penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Polisi menyebut ketiga pilot ini nyabu saat santai.

"Pengakuannya, mereka pakai (sabu) saat santai saja di rumah," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung saat dihubungi, Minggu (12/7/2020).

Untuk diketahui, tiga pilot itu adalah IP, DC, dan DS. Ketiganya ditangkap di Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (6/7).

Vivick menambahkan polisi masih mendalami pengakuan ketiga pilot tersebut. Polisi pun masih melakukan pendalaman apakah diduga ada pilot lain juga yang memakai narkoba atau tidak.

"Itu pengakuan mereka begitu. Jadi, kalau mereka saat mau berangkat pakai (sabu), tidak ada pengakuan itu. Iya (pengakuan tiga pilot) masih dalam pengembangan. Kan pilot itu kan bilang (pakai sabu) saat santai, ya, bisa-bisa saja dia ngomong saat santai," ucapnya.

Vivick pun mengungkapkan ketiga pelaku sudah lama memakai sabu. Namun dia tak memerinci pilot yang mana yang sudah memakai sabu 2 tahun, 5 tahun, atau 10 tahun.

"Iya, ada yang 10 tahun. (Sudah pakai sabu) 10 tahun, 5 tahun, 2 tahun, itu pengakuan mereka," tandasnya.

Sebelumnya, tiga pilot yang ditangkap Polres Jaksel mengaku mengonsumsi sabu untuk meningkatkan konsentrasi. Polisi masih mendalami apakah konsentrasi yang dimaksud itu berkaitan dengan kegiatan penerbangan ketiganya.

"Seperti saya bilang tadi, apakah mereka konsentrasinya itu untuk mereka melaksanakan penerbangan atau setelah penerbangan masih kita dalami," kata Kapolres Metro Jaksel Kombes Budi Sartono kepada wartawan di Polres Jaksel, Jakarta Selatan, Jumat (10/7).

Tetapi pemeriksaan sementara, ketiganya membantah mengonsumsi sabu sebelum penerbangan.

"Tetapi, waktu kita tanya apakah memakai sebelum melakukan penerbangan atau setelah melakukan penerbangan, dia masih mengelak. Bilangnya setelah melakukan penerbangan, tetapi masih kita dalami lagi," paparnya.

Tonton video 'Anak Wakil Wali Kota Tangerang Terjerat Kasus Narkoba':

(gbr/gbr)