Pemkab Konawe Utara Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Gunakan Rakit

Sitti Harlina - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 12:20 WIB
Penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/7/2020)
Penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir di Konawe Utara. (Sitti Harlina/detikcom)
Konawe Utara -

Penyaluran bantuan untuk warga Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), terkendala akses transportasi yang terendam banjir. Akhirnya, bantuan disalurkan menggunakan rakit.

"Hambatannya itu ada beberapa jalan yang tergenang, tapi kami tetap berupaya lewat rakit, dan tetap kami salurkan bantuan," kata Bupati Konut Rukhsamin kepada wartawan, Minggu (12/7/2020).


Banjir di Konut meluas hingga ke enam desa di tiga kecamatan. Rukhsamin memastikan seluruh warga desa yang terdampak banjir sudah dievakuasi.

"Sudah kami lakukan penyelamatan. Mereka semua sudah di tempat pengungsian," terangnya.

Terkait dengan bantuan, Rukhsamin menyebut pihak pemkab berfokus pada ketersediaan bahan makanan. Sebanyak 450 keluarga terdampak banjir tersebut.

"Saat ini yang kami lakukan adalah menyiapkan bahan makanan untuk seluruh warga di Konut. Kami khawatir, (akibat) banjir yang sudah kurang-lebih sebulan ini, walaupun sempat surut sedikit, mereka (warga) mulai kekurangan bahan makanan, begitu juga gas," tutur Rukhsamin.

Sebelumnya, banjir di Kabupaten Konawe Utara meluas hingga ke enam desa sehingga warga terpaksa mengungsi. Akses jalan lintas provinsi di Konut juga terputus.

"Kita kerja sama dengan pemda. Kami sudah ungsikan mereka (warga) dan tempat sudah disediakan. Kalau kerugian pastinya belum tahu, hanya diperkirakan ratusan juta rupiah karena sudah ada akses jalan lintas provinsi yang terputus," kata Kepala Desa Sambandete Idrus kepada wartawan, Jumat (10/7).

Tonton video 'Konawe Utara Banjir Parah, 3 Kecamatan Terisolasi':

(zak/zak)