Minggu Kedua CFD Bekasi: Pedagang Belum Diizinkan-Wajib Pakai Masker

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 20:36 WIB
Bersepeda jadi kegiatan yang ramai dilakukan masyarakat di masa new normal. Jalur sepeda pun disediakan guna menjaga keamanan dan keselamatan saat bersepeda.
CFD Bekasi (Foto: Agung Pambudhy)
Bekasi -

Pemerintah Kota Bekasi akan tetap mengadakan kegiatan car free day (CFD) di 15 titik Kota Bekasi pada Minggu 12 Juli 2020. Kasatpol PP Kota Bekasi, Abi Hurairah memastikan masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan dan pedagang belum bisa berjualan di area CFD.

"Minggu ke dua pelaksanaan CFD di Bekasi kita tetap lakukan protokol kesehatan seketat-ketatnya, seluruh pengunjung wajib pakai masker, physical distancing dijaga," kata Abi saat dihubungi, Sabtu (11/7/2020).

Abi mengatakan besok ada 15 titik yang akan dibuka dan dijaga oleh personel Satpol PP, TNI-Polri, hingga Petugas Dinas Kesehatan. Dia juga menyebut pedagang belum diperbolehkan berjualan di area CFD.

"Kami belum memperbolehkan para pedagang hadir di CFD ya, kita akan evaluasi disampaikan setelah 3 kali CFD maka akan dilakukan evaluasi," ucap Abi.

Kemudian Abi juga mengimbau agar masyarakat tidak membawa anak-anak usia di bawah 9 tahun serta lansia berusia di atas 60 tahun. Selain itu, masyarakat yang berpenyakit bawaan juga tidak dianjurkan melaksanakan CFD.

"Sebetulnya dalam aturan di bawah 9 tahun belum boleh, yang lansia di atas 60 tahun, apalagi yang ada penyakit bawaan (tidak boleh), kita evaluasi terus," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi juga akan melakukan rapid test kepada pengunjung car free day (CFD) pada 12 Juli nanti. Pemkot Bekasi menyediakan 500 alat rapid test.

"500 (pengunjung di-rapid test)," ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Bekasi, Rabu (8/7/2020).

Rahmat menuturkan tidak semua pengunjung menjalani rapid test. Hal itu dikarenakan adanya keterbatasan alat rapid test.

(maa/hri)