Menlu soal Pengungsi Rohingya Diselamatkan di Aceh: 25 Anak Tanpa Keluarga

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 18:56 WIB
Menlu Retno Marsudi / Dok. Kemlu
Foto: Menlu Retno Marsudi / Dok. Kemlu
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan proses registrasi bagi 99 migran Rohingya di Aceh sudah hampir selesai. Menurut Retno ada sebanyak 25 anak-anak yang tidak memiliki keluarga.

"Proses registrasi untuk migrain Rohingya sedang dan terus berjalan. Hingga tanggal 10 juli 2020, UNHCR telah meregistrasi 90 migran dan Insyaallah sisanya 9 lainnya akan diselesaikan proses registrasinya besok yaitu sabtu 11 Juli 2020," kata Retno dalam telekonferensi pada Jumat (10/7/2020).

Dari total pengungsi yang ada, Retno mengungkapkan ada total 25 anak-anak yang tidak memiliki keluarga. "Dari proses identifikasi yang dilakukan terdapat 25 anak-anak tanpa keluarga atau disebut anak tersebut unaccompanied children," ucap Retno.

Menurut Retno, sebanyak 13 anak tersebut telah mendapatkan pendamping atau wali. Sedangkan 12 anak lainnya telah memiliki pendamping yang berasal dari keluarga jauh.

"Nah dari 25 anak tersebut 13 anak-anak tanpa keluarga atau kerabat telah mendapat pendamping atau wali sementara dari kalangan migran. Nah sementara itu 12 lainnya telah didampingi olah keluarga tidak langsung seperti paman bibi dan sebagainya yang juga ada di dalam rombongan tersebut," sambung Retno.

Selanjutnya
Halaman
1 2