Pusdiklat Kesos & Tanoto Foundation Jalin Kerja Sama Cegah Stunting

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 09:39 WIB
Kemensos
Foto: dok Kemensos
Jakarta -

Perjanjian kerja sama (PKS) antara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (Pusdiklat Kesos) Kementerian Sosial dan Tanoto Foundation terkait pencegahan stunting di Indonesia ditandatangani pada Kamis (9/7/2020). Jalinan kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial (Badiklitpensos) dengan Tanoto Foundation.

"Kami mengetahui bahwa peran Kemensos RI untuk upaya pencegahan stunting sangat besar, sehingga kami melihat kerja sama ini sangat strategis," kata Eddy Hendri yang mewakili Tanoto Foundation, dikutip keterangan resmi Kemensos, Jumat (10/7/2020).

Pusdiklat Kesos sebagai instansi di bawah Kementerian Sosial RI (Kemensos RI) merupakan lembaga yang berperan menyiapkan modul dan pembelajaran diklat di lingkungan Kemensos RI. Salah satu modul yang disiapkan Pusdiklat Kesos yaitu modul bagi diklat pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Salah satu tugas dan kegiatan para pendamping ini yaitu melakukan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang bertujuan untuk memberikan edukasi atau pengetahuan kepada keluarga penerima manfaat.

Kerja sama pencegahan stunting antara Tanoto Foundation dengan Pusdiklat Kesos seperti yang tertuang dalam dokumen perjanjian kerja sama, meliputi penyusunan dan pelaksanaan modul diklat, pelatihan fasilitator atau widyaiswara, mengembangkan alat untuk mendukung pelaksanaan diklat serta berkaitan dengan komunikasi perubahan perilaku untuk penguatan kapasitas pendamping sosial dalam pengembangan dan pengasuhan anak usia dini dalam rangka pencegahan stunting.

"Kami menyambut gembira Perjanjian Kerja Sama ini. Pusdiklat Kesos sangat terbuka menjalin kerja sama dengan lembaga lain. Sebelum dengan Tanoto Foundation sudah pernah menjalin kerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) dan World Bank dan Mahkota," Kata Kepala Pusdiklat Kesos Mulia Jonie.

(ega/ega)