RSUD Torabelo Sigi Dilanda Banjir, Sejumlah Pasien Dievakuasi

M Qadri - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 21:43 WIB
RSUD Torabelo Sigi dilanda banjir.
Evakuasi pasien RSUD Torabelo Sigi yang dilanda banjir. (Foto: Dok. Istimewa)
Sigi -

Intensitas curah hujan tinggi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyebabkan banjir di Desa Sidera. RSUD Torabelo juga ikut terdampak banjir yang menyebabkan pasien panik keluar dari rumah sakit untuk evakuasi diri.

Video pasien panik di rumah sakit itu viral di media sosial. Dalam video itu, salah satu petugas mengatakan pasien panik lantaran ada isu akan jebol akibat banjir.

"Sudah ada pasien kabur, panik semua. Sebagian pasien panik karena ada isu akan jebol karena banjir. Satpam sudah tidak ada, mungkin karena mengevakuasi pasien yang lain," ucap salah satu petugas medis RSUD Torabelo dalam video yang beredar di media sosial, seperti dilihat, Kamis (9/7/2020).

Pemkab Sigi membenarkan banjir yang melanda wilayahnya. Pasien RSUD Torabelo dievakuasi dievakuasi Basarnas, keluarga pasien, hingga masyarakat setempat, dan aparat TNI-Polri.

"Benar bahwa banjir yang terjadi di Desa Sidera sore tadi melintasi RSUD Torabelo. Arus banjir yang melintasi kawasan rumah sakit tersebut terlihat cukup deras," kata Kabag Humas Pemkab Sigi Ariyanto saat dimintai konfirmasi.

RSUD Torabelo Sigi dilanda banjir.RSUD Torabelo Sigi dilanda banjir. (Foto: dok. Istimewa)

Ariyanto belum menerima data secara detail, baik dari pihak BPBD Sigi maupun dari pihak RSUD Torabelo, terkait dampak banjir. Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sigi dr Rika F Sakarudin mengatakan kini bantuan tenaga kesehatan PKM Kecamatan Biromaru dan Kecamatan Dolo dikerahkan untuk membantu mengevakuasi pasien.

"Sebagian pasien telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Saat ini Tim Gugus COVID-19 Sigi sedang di perjalan menuju ke RSUD Torabelo," ucap Rika, dihubungi terpisah.

Kini curah hujan di Kabupaten Sigi dan sekitarnya sudah mulai reda. Sebagian titik aliran air beserta lumpur sudah mulai surut.

(idn/idn)