Desa Wisata di NTB Rayakan Hasil Panen di Tengah Pandemi

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 19:11 WIB
Panen Raya di Desa Kembang Kuning NTB saat pandemi Corona
Foto: Panen Raya di Desa Kembang Kuning NTB saat pandemi Corona (Dok. Polda NTB)

"Alhamdulillah, di Provinsi NTB ini ekonomi cukup stabil dan ini menjadi blessing in disguise juga di tengah-tengah pandemi, yang tentunya seperti roller coaster, kadang naik kadang turun. Kita mensyukuri bahwa kekayaan alam dan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa, dikelola oleh seluruh elemen masyarakat," tutur Iqbal.

Iqbal juga menjelaskan pihaknya mendorong terciptanya kampung-kampung tangguh lainnya di seluruh wilayah di NTB lewat lomba Kampung SEHAT NTB. Iqbal berharap betul desa-desa lainnya di NTB mengikuti jejak warga Desa Kembang Kuning yang tetap 'bersinar' meski sektor wisata meredup akibat wabah Corona.

"Kita beri label Kampung SEHAT NTB yaitu Steril-Ekonomi Produktif-Harmonis-Asri-Tangguh Nurut Tatanan Baru. Kami berharap ke depan NTB menjadi provinsi percontohan pengutan ketahanan pangan melalui Kampung Sehat NTB, lebih-lebih dulu NTB pernah swasembada pangan sehingga memunculkan istilah Bumi Gora, Gogo Rancah," ungkap Iqbal.

Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyampaikan dukungan penuh atas lomba Kampung SEHAT NTB. Ahmad mengatakan jika perut warga kenyang, maka keamanan kondusif dan perekonomian terjamin.

Panen Raya di Desa Kembang Kuning NTB saat pandemi CoronaPanen Raya di Desa Kembang Kuning NTB saat pandemi Corona (Foto: Dok. Polda NTB)

"Situasi perekonomian tetap terjamin dan keamanan tetap kondusif kalau perut kenyang dan terjamin. Nah, kalau stok beras nggak ada, pasti akan ribut. Jadi intinya harus dipenuhi dulu stok masyarakat baik beras, minyak goreng, telur, kemudian terigu, dan sebagainya, sembako-lah harus terjamin," tandas dia.

Selain Iqbal dan Ahmad, acara panen raya di Desa Kembang Kuning juga dihadiri Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah dan Bupati Lombok Timur Sukiman Azmi.

Halaman

(aud/dkp)