Penyelidikan Kasus Pungli THR UNJ Dihentikan, KPK: Itu Kewenangan Polisi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 16:41 WIB
Ali Fikri
Foto: Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menghentikan proses penyelidikan kasus dugaan pungli di UNJ karena tidak ditemukan unsur pidana korupsi. Menanggapi itu, KPK mengatakan keputusan penghentian proses penyelidikan itu sepenuhnya kewenangan polisi.

"KPK sesuai ketentuan Pasal 11 UU KPK telah melimpahkan kasus tersebut kepada Kepolisian RI dan tentu penghentian penyelidikan tersebut menjadi kewenangan Polda Metro Jaya," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Ali mengatakan KPK tetap menghargai upaya Polda Metro melakukan penyelidikan kasus itu. Menurutnya, KPK juga terlibat dalam proses penyelidikan itu dengan ikut menghadirkan saksi-saksi.

"KPK menghargai upaya yang sudah dilakukan Polda Metro Jaya yang telah memeriksa 44 orang saksi dan 2 ahli pidana. KPK sebelumnya juga telah melakukan supervisi dengan antara lain fasilitasi saksi-saksi dan ikut pula pada gelar perkara terhadap hasil penyelidikan tersebut," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengumumkan menghentikan penyelidikan terkait dugaan pungli tunjangan hari raya (THR) di UNJ. Penyidik menyimpulkan tidak ditemui unsur pidana korupsi dalam kasus tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2