Positif Ganja, Musisi Reggae Jali Gimbal Diamankan Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 15:36 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Ilustrasi ganja (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengamankan satu musisi reggae bernama Jali Gimbal alias AS (43). Jali diamankan di sekitar Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, setelah terbukti mengkonsumsi narkotika jenis ganja.

"Kami amankan, kemudian yang bersangkutan itu mengakui pada saat di tempat itu mengakui terkait dengan penggunaan narkoba jenis ganja," kata Kasubdit 1 Ditreserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Fery Nur Abdullah kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Penangkapan dilakukan pada Rabu (1/7). Fery menyebut, setelah menangkap Jali Gimbal, polisi berhasil mengamankan RA (40) di sekitar TIM. RA, sambung Fery, merupakan orang yang sering mengisap ganja bersama Jali Gimbal.

Keduanya kemudian dibawa ke kantor polisi untuk menjalani tes urine. Baik Jali Gimbal maupun RA terbukti positif mengkonsumsi ganja.

"Kami bawa ke kantor, kami cek urine. Keduanya positif penggunaan ganja. Yang bersangkutan sudah menyampaikan keterangan di kita," ujar Fery.

Fery menambahkan, berdasarkan keterangan keduanya, baik Jali Gimbal maupun RA telah satu tahun terakhir mengkonsumsi ganja. Namun, saat keduanya diamankan, polisi tidak menemukan barang bukti ganja tersebut.

Keduanya kini masih berstatus sebagai saksi terperiksa. Fery menyebutkan Jali Gimbal dan RA kini juga tengah menjalani rehabilitasi setelah diamankan awal bulan ini.

"Karena dasarnya tidak ditemukan barang bukti narkoba, namun pengguna, sesuai dengan Surat Edaran Kabareskrim bahwa apabila tidak ada barang bukti narkoba, itu sifatnya orang tersebut diinterogasi untuk ditanyakan sumber narkobanya. Terhadap keduanya juga kini sudah kita lakukan rehab," pungkas Fery.

(elz/ear)