Pakar Gestur: Ada Senyum Nyinyir di Bibir Jokowi ke Menteri

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 14:09 WIB
Presiden Jokowi saat ratas percepatan penyerapan anggaran. (Foto: Biro Pers Setpres)
Foto: Presiden Jokowi saat ratas percepatan penyerapan anggaran. (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengungkapkan kekesalannya kepada kabinetnya. Jokowi dianggap mengeluarkan kenyinyirannya saat mengkritik kinerja pada menterinya.

"Level sindiran Jokowi secara umum kalau di sini lebih rendah. Mungkin level C ya. Tidak semeluap-luap video yang pertama," kata pakar gestur dan deteksi kebohongan manusia (lie detector), Handoko Gani, kepada detikcom, Kamis (9/7/2020).

Handoko merupakan satu-satunya trainer interview dan analisis perilaku (human lie detector) dari latar belakang sipil yang memiliki otorisasi penggunaan alat layered voice analysis (LVA).

Handoko mengatakan, ada sejumlah emosi yang terkandung dalam gestur Jokowi. Bahkan ada muatan kenyinyiran.

"Nuansa emosinya ada yang nyinyir dan marah, tergantung konteks kinerja yang biasa-biasa saja atau konteks anggaran. Senyum nyinyir tentang 'belanja biasa-biasa saja'," ungkapnya.

Ekspresi senyum nyinyir yang disoroti Handoko Gani (Dok. Setneg) Foto: Ekspresi senyum nyinyir yang disoroti Handoko Gani (Dok. Setneg)

Selain itu, menurut Handoko kenyinyiran ini juga tampak saat Jokowi berbicara soal para menteri yang lebih tahu daripada dirinya.

Sedangkan terkait isu reshuffle, menurutnya itu masih ada dalam ungkapan Jokowi. Meskipun isunya telah diredam oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Soal isu reshuffle masih ada. Walaupun Pak Pratikno berusaha membicarakannya secara adem, bahkan sudah memakai kata bagus," jelasnya.

"Kedua, performance-nya betul ini jauh lebih baik, tapi 'belum' kata Pak Jokowi," ujar Handoko.

Tonton juga 'Jokowi Sindir Para Menteri: Saya Lihat WFH Kemarin Kayak Cuti':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2