New lms IPB, Salah Satu Persiapan Kuliah Online

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 12:37 WIB
Kampus IPB/ipb.ac.id
New lms IPB, Salah Satu Persiapan Kuliah Online ( Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id)
Jakarta -

Dalam rangka mengatasi pandemi korona yang semakin tinggi dan belum ada solusi untuk obatnya secara pasti maka pihak dunia pendidikan di indonesia menerapkan sistem pembelajaran secara online.Nah, saat ini kampus IPB telah menerapkan aplikasi baru yang lebih intens dan efektif. Aplikasi ini bernama new lms IPB.

New lms IPB adalah aplikasi yang membantu pendidik dan anak didik mendapatkan mata kuliah tanpa perlu bertemu langsung. Untuk lebih jelas gambarannya bisa kamu unduh aplikasinya atau buka dengan alamat lms.IPB.ac.id.

Bagaimana Tampilan Lms IPB?

Lms IPB menyajikan warna biru mudah sebagai lambang pengetahuan yang tiada henti, pada bagian sisi kiri ada fakultas yang bisa kamu klik, bagian tengah berisi informasi yang baru sedangkan bagian kanan berisi kolom username dan password. Setiap aplikasi lms berbeda untuk dosen dan mahasiswa, jadi masing-masing wajib melakukan pengunduhan secara mandiri.

Setiap dosen dan mahasiswa akan mendapatkan kode atau akun khusus agar bisa masuk ke aplikasi lms IPB kemudian lanjut ke fakultas dan masuk ke ata kuliah yang diambil. Hampir sama dengan program pengambilan mata kuliah dengan sistem biasa.

Bagaimana Cara Kuliah Lewat Aplikasi?

Jika dosen dan mahasiswa sudah melakukan unduhan aplikasi dan mendapatkan akun lms IPB maka langkah berikutnya adalah masukkan akun ke dalam masing-masing jurusan. Di setiap jurusan ada nama dosen yang mendampingi, kamu bisa klik dengan melihat dosen pengampu yang sesuai kelasnya.

Karena ada kelas ganda (kelas A, B) sehingga terkadang berbeda dosen. Ketika ulasan sekilas sudah terlihat (materinya) maka kamu tinggal masukkan akun new lms IPB dan nikmati materi kuliah dan tugas secara online.

Dosen memberikan materi kuliah dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang bentuk pdf, ppt atau doc. Namun, gambaran umum dosen pengampu wajib memberikan mata kuliah setiap jadwalnya.

Untuk Mereka Yang Melakukan Penelitian Lab, Bagaimana?

Untuk mahasiswa yang terlanjur melakukan penelitian di laboratorium maka tetap melaksanakan seperti biasa dengan datang ke lab.kampus dengan syarat mematuhi protokol kesehatan yang ada. Bagaimanapun alat laboratorium tidak bisa dibawa pulang karena resiko kerusakan dan bahan yang berbahaya. Ketika proses penelitian di laborat dilakukan maka mahasiswa wajib merekam segala laporan dalam bentuk file bergerak atau tertulis.

Dalam pemakaian aplikasi new lms IPB ini memang belum maksimal ke semua mata kuliah. Pihak IPB akan terus melakukan perbaikan sistem lms guna menunjang pembelajaran online kepada semua mahasiswa yang telah masuk.

Butuh waktu yang cukup memang, tetapi IPB akan bekerja maksimal agar saat pandemi kualitas pendidikan tetap menjadi unggulan. Lms IPB bisa dikategorikan sebagai aplikasi hampir sempurna dalam proses perkuliahan di masa pandemi korona.

(erd/erd)