Menilik Arti Logo IPB yang Bermakna Akademis

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 14:02 WIB
Kampus Fakultas Pertanian IPB
Menilik Arti Logo IPB yang Bermakna Akademis (Foto: AN Uyung Pramudiarja)
Jakarta -

Logo IPB atau Institut Pertanian Bogor merupakan sebuah kampus dengan aksen khas hijau karena dikelilingi oleh tanaman dan kebun organik. Kampus yang telah berdiri di Bogor, Jawa Barat lebih dari 40 tahun ini telah melahirkan banyak akademia yang handal dan berjasa demi negara kita.

Hampir merata lulusan kampus IPB diterima dan bekerja di perusahaan ternama dan beberapa telah mengembangkan ilmu pertaniannya dengan baik. Adanya hasil yang begitu baik maka tidak salah jika IPB memiliki akreditasi A.

Bangunan kampus IPB yang cenderung berbentuk piramida ini menyimbolkan bahwa semua akan menjadi yang utama apabila bekerja sama. Sejumlah lulusan IPB telah menduduki jabatan di pemerintahan, ada juga yang di dunia entertainment. Mereka antara lain: mantan Presiden Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Mustafa Abu Bakar, Artis Zumi Zola, Artis Herfiza, Marissa Haque, Penulis Asma Nadia, Marah Roesli dan masih banyak lagi lainnya. Di antara lulusan akademi IPB tersebut kebanyakan mereka berprestasi dengan sangat matang dan sempurna.

Sesuai dengan lambang IPB yang mengedepankan nilai akademisnya dari simbol lingkaran yang didalamnya bersatu padu membangun citra kampus.

Logo IPB

Logo IPB berbentuk bulat penuh dengan warna dasar biru dan putih, bagian dalamnya terdapat pohon dengan jumlah daun lima buah. Di bagian bawahnya terdapat buku yang terbuka artinya semua didasarkan dengan ilmu pengetahuan pasti. Tulisan IPB melingkar di sisi lingkaran juga menyimbolkan bahwa kampus ini berpegang visi dan misi yang kuat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan makna simbolnya di bawah ini:

  • Logo bulat dengan warna dasar biru menyimbolkan bahwa kampus IPB termasuk kategori ilmu pengetahuan dan teknologi (sains dan teknologi).

  • Logo buku yang terbuka menyimbolkan kampus IPB adalah sumber segala ilmu pengetahuan;

  • Logo tiga cabang (tiga garis lurus) di atas persis logo buku menyimbolkan tridharma perguruan tinggi;

  • Logo lima helai daun menyimbolkan cikal bakal pertama berkembangnya kampus IPB yang diawali dengan berdirinya lima fakultas, dengan pondasi tridharma perguruan tinggi berdasarkan Pancasila;

  • Logo IPB lingkaran menyimbolkan ilmu pengetahuan tidak memiliki batas dan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Lokasi persebaran kampus IPB

Kampus IPB yang berdiri pada tanggal 1 September 1963 telah berkembang dengan lokasi yang begitu banyak dan lebih spesifik. Dari setiap lokasi pendidikan ini menempatkan semua penelitian dan pendidikan dengan semesternya.

  1. Lokasi Kampus IPB Dramaga dipakai kantor rektorat, pusat kegiatan perkuliahan untuk jenjang S1, S2 dan S3. Ada juga fasilitas untuk sosial dan fasilitas untuk umum.

  2. Lokasi Kampus IPB Baranangsiang dipakai sebagai kantor pusat kegiatan penelitian dan pemberdayaan warga, untuk pendidikan s2 yang sifatnya eksekutif.

  3. Lokasi Kampus IPB Gunung Gede dipakai untuk kantor pusat kegiatan manajemen dan bisnis.

  4. Lokasi Kampus IPB Cilibende dipakai kantor pusat kegiatan pendidikan khusus jangka vokasional diploma.

  5. Lokasi Kampus IPB Taman Kencana.

Lima fakultas pertama dari IPB rintisan

Di waktu pertama kali IPB berdiri sejatinya dijadikan sebagai simbol dengan lima helai daun yang artinya lima fakultas pertama. Kelima fakultas itu adalah Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan. Hingga saat ini kelima fakultas tersebut menjadi fakultas dengan akreditasi A dan menjadi fakultas ternama untuk calon mahasiswa baru. IPB mendidik dengan hati dan keilmuan yang berkualitas seperti semangat yang tercantum dalam logo IPB.

(erd/erd)