6.961 Polisi Dikerahkan untuk Amankan Pilkada Serentak 2020 di Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 23:07 WIB
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto (Foto: Istimewa )
Padang -

Polda Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan 6.961 personel untuk mengamankan Pilkada Serentak 2020 yang rencananya dilaksanakan pada Desember mendatang. Di Sumbar, ada belasan kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serta pemilihan gubernur di momen yang bersamaan.

"Saat ini sudah disusun kekuatan dari personel Polda Sumbar untuk mengamankan wilayah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020. Kita siapkan sebanyak 6.961 personel," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Ia menyebutkan pihaknya sudah memetakan tingkat kerawanan yang diambil dari beberapa aspek yang ada pada 19 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada.

"Pemetaan tingkat kerawanan perlu dilakukan untuk menentukan cara bertindak dan melibatkan jumlah personel yang akan diturunkan dalam pengamanan nantinya, serta dalam tahapan pilkada juga ada kerawanannya yang harus diantisipasi," terang dia.

Selain itu, pengamanan akan melibatkan dari unsur TNI dan Linmas. Dia menambahkan, gelar pasukan di lapangan ditiadakan karena situasi pandemi Corona (COVID-19).

"Sementara untuk pelaksanaan gelar pasukan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 tidak dilaksanakan di lapangan, karena mengingat saat ini masih dalam pendemi COVID-19," tuturnya.

"Dalam pelaksanaan pengamanan pilkada serentak ini akan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ada," sambung dia.

(aud/aud)