Jokowi Dipastikan Hadiri Sidang Tahunan MPR Agustus Nanti

Abu Ubaidillah - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 21:18 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memastikan Presiden Joko Widodo akan hadir secara fisik dalam Sidang Tahunan MPR RI pada 14 Agustus 2020 mendatang. Kepastian itu didapat usai Bamsoet bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor hari ini. Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan laporan tahunannya.

"Kehadiran fisik Presiden Joko Widodo sebagai wujud penghormatan terhadap kedaulatan rakyat yang dititipkan melalui MPR RI. Mengingat MPR RI terdiri dari anggota DPR RI dan DPD RI yang dipilih langsung oleh rakyat. Pandemi COVID-19 bukan menjadi halangan mengurangi aktivitas agenda kenegaraan. Terpenting tetap memberlakukan protokol kesehatan," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (8/7/2020).

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir pula akil Ketua MPR RI antara lain Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Jazilul Fawaid, Lestari Moerdijat, Syarief Hasan, Zulkifli Hasan, Arsul Sani dan Fadel Muhammad serta Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono. Sedangkan Presiden Joko Widodo didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung.

Nantinya, protokol kesehatan akan tetap diberlakukan saat penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI, salah satunya adalah dengan membatasi kehadiran fisik para anggota MPR RI dan tamu undangan. Anggota MPR RI yang tak hadir secara fisik akan mengikuti Sidang Tahunan MPR RI secara online.

Bamsoet menyebut MPR RI telah menyiapkan berbagai skenario agar Sidang Tahunan MPR RI pada masa pandemi COVID-19 bisa berlangsung khidmat, mulai dari teknis peliputan oleh karyawan hingga prosedur keamanan sudah terkoordinir secara menyeluruh.

"Untuk memudahkan masyarakat, Sidang Tahunan MPR RI juga akan disiarkan secara langsung melalui saluran TV nasional serta live streaming dari berbagai media sosial MPR RI. Kita manfaatkan kecanggihan teknologi informasi, sehingga masyarakat dari manapun bisa mengikuti jalannya Sidang Tahunan MPR RI," paparnya.

Mantan Ketua DPR RI ini menjelaskan bahwa Sidang Tahunan MPR RI bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengetahui lebih detail capaian pemerintah selama setahun terakhir. Sebagai negara hukum yang demokratis, penyelenggaraan pemerintahan harus mengedepankan prinsip clean and good governance melalui keterbukaan informasi pemerintah kepada publik dan segala tindakan atau keputusan juga harus dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel kepada masyarakat.

"Kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya akan disampaikan secara gamblang oleh Presiden Joko Widodo. Sehingga rakyat bisa mengetahui sejauh mana lembaga-lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat telah menjalankan tugas dan kewenangannya sesuai amanat UUD NRI 1945. Rakyat bisa mendengarkan sekaligus mengevaluasi kinerja kelembagaan pemerintahan atau lembaga negara," pungkasnya.

(akn/ega)