Bupati Serang Harap Kang-Nong Jadi Jembatan Aspirasi Milenial

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 20:53 WIB
Pemkab Serang
Foto: Pemkab Serang
Jakarta -

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap Kang-Nong Kabupaten Serang bisa menjadi jembatan aspirasi dan komunikasi antara kaum milenial dengan Pemerintah Kabupaten Serang. Menurutnya tindakan tersebut dapat memberikan citra baik dalam pembangunan manusia di Serang.

"Selain bantu kami menyosialisasikan program Pemkab Serang, juga diharapkan bisa mengusulkan program yang harus kami laksanakan untuk kaum milenial. Sekarang, Kang-Nong adalah bagian dari Pemkab Serang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/7/2020).

Hal tersebut ia ungkapkan saat bersilaturahmi dengan 10 orang Kang dan 10 Nong Kabupaten Serang di Pendopo Bupati. Dalam silaturahmi tersebut, Tatu yang juga didampingi Wakil Bupati Pandji Tirtayasa mendapatkan berbagai pertanyaan dari para Duta Wisata Kabupaten tentang sisi pribadi dan program Bupati Serang.

Kupas sisi program Bupati Serang ditanyakan oleh Edit Tirna, Kang asal Kecamatan Petir. Menurutnya, Kang-Nong harus ikut serta mensosialisasikan program Pemkab Serang, terutama program pariwisata, baik wisata alam, bahari, dan religi.

"Wisata religi tidak kalang penting, sangat diminati oleh masyarakat dari luar Kabupaten Serang," terangnya.

Menjawab hal itu Tatu menyampaikan bahwa Pemkab Serang fokus pada program peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

"Program betonisasi jalan, beasiswa pendidikan, ambulans desa. Merupakan salah satu program prioritas. Tentu sektor pariwisata juga," ucapnya.

Perihal wisata religi, kata Tatu, Pemkab Serang punya program pembangunan Pusat Kajian Kitab Kuning Syeikh Nawawi Albantani.

"Awalnya tahun ini akan masuk pada proses pembebasan lahan. Namun karena pengaruh COVID-19, terjadi refocusing anggaran. Insyaallah, akan dimulai kembali tahun 2021," jelasnya.

Sementara pertanyaan dari sisi pribadi ditanyakan Vina Hikmatul Huda, Nong asal Kecamatan Ciomas. Ia meminta Ratu Tatu menceritakan sedikit perjalanan hidupnya hingga bisa menjadi pemimpin di Kabupaten Serang.

"Prinsipnya, kita harus jadi manusia pembelajar, serba ingin tahu. Jika orang lain bisa maka kita harus bisa," jawab Tatu.

"Berada di sisi politik, merupakan cara kita lebih bermanfaat untuk orang banyak," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Serang, Hamdani mengatakan, Kang-Nong akan menjadi duta Pemkab Serang, baik dari sisi pariwisata maupun sosialisasi program pembangunan.

"Kang-Nong ini akan menjadi pemuda pelopor pembangunan. Termasuk mengajak pemuda lain untuk memerangi narkoba," pungkasnya.

(mul/ega)