Fraksi Golkar DPR Bantah Anggotanya Buat Rekomendasi CSR BUMN

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 20:33 WIB
Gedung DPR
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Beredar surat rekomendasi dari Fraksi Partai Golkar DPR RI yang mengajukan program corporate program responsibility (CSR) ke BUMN. Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR RI Kahar Muzakir membantah.

Surat rekomendasi yang beredar berisi jenis-jenis kegiatan yang diusulkan dari kelompok masyarakat serta alamat lengkap. Dalam surat itu, tertulis juga nama Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto. Termasuk nama Rudolfus Jack Paskalis yang dituliskan sebagai Tenaga Ahli Fraksi Golkar DPR.

Golkar dalam hal ini juga menekankan bahwa Jack Paskalis bukanlah Tenaga Ahli Fraksi Golkar. Kahar pun mengirimkan surat klarifikasi dari Dito yang menegaskan bahwa dia tidak pernah membuat proposal mengenai program CSR ke BUMN.

Kahar saat dimintai konfirmasi pun menyebut kalau surat rekomendasi yang beredar itu tidak benar.

"Itu tidak benar. Dia (Jack Paskalis) mengatasnamakan Fraksi Golkar," ujar Kahar kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Sebelumnya, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI mengaku tidak mengetahui terkait rekomendasi itu. Tapi, kalaupun ada, MKD menilai itu hal yang lumrah.

Menurut MKD DPR, pengajuan program CSR termasuk dalam kegiatan menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang juga tertuang pada UU MD3.

"Kalau memang ada dokumen itu ada, maka itu sama sekali tidak salah, pasal 72 UU MD3 DPR bertugas, menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat," kata Wakil Ketua MKD Habiburokhman.

Tonton video 'Anggota DPR Ingatkan Ini Jika Indonesia Mau Beli Pesawat MV-22 Osprey':

(idn/imk)