Cak Imin Ungkap PKB-Demokrat Koalisi Pilkada 2020 di 30 Daerah

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 16:30 WIB
AHY bertemu Cak Imin (Arun/detikcom)
AHY bertemu dengan Cak Imin (Arun/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Cak Imin menyebut PKB dan Demokrat akan berkoalisi dalam Pilkada 2020 di sekitar 30 daerah.

"Tadi dihitung sudah 30-an ya dengan Demokrat," kata Cak Imin di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2020).

AHY turut menanggapi pernyataan Cak Imin tersebut. Dia menyebut masih akan terus membahas soal berapa jumlah kerja sama daerah antara Demokrat dan PKB pada Pilkada 2020.

"Sejauh ini sudah ada yang dibahas, tapi masih ada yang akan terus dibahas," balas AHY.

Selain membahas soal pilkada, Cak Imin turut menyebut soal produktivitas di DPR. Dia berharap silaturahmi dengan Demokrat bisa menguatkan adanya kebijakan yang berdampak kepada masyarakat.

"Di parlemen atau DPR kita berharap produktif lagi, mengabdi dan menghasilkan produk-produk DPR yang dibutuhkan masyarakat, DPR yang mampu menghasilkan keputusan, baik APBN, UU, dan sistem pengawasan yang membantu masyarakat mengatasi jangka pendek pandemi COVID dan jangka panjang ekonomi nasional secara menyeluruh. Moga-moga kebersamaan Demokrat dan PKB selalu terjaga dengan baik," ungkapnya.

Dalam kunjungan ke DPP PKB, AHY didampingi antara lain Sekjen Partai Demokrat Tengku Riefky, Bendahara Umum Demokrat Renville Antonio, Kepala BPOKK Partai Demokrat Herman Khaeron, hingga Kepala Bappilu Partai Demokrat Andi Arief.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, dari pihak PKB yang ikut dalam pertemuan di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Sekjen Faisol Reza, Wakil Bendahara Umum Bambang Susanto, dan Ketua Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Cucun Syamsurijal.

Sebelumnya, AHY bersilaturahmi ke PBNU dan Partai Golkar pada Kamis (25/6). AHY juga menyebut kunjungannya sebagai bentuk silaturahmi.

"Hari ini bisa kembali menjalin silaturahmi dengan keluarga besar PBNU. Ini merupakan acara yang insyaallah membawa kebaikan dan keberkahan buat semuanya. Tentu sudah diniatkan sejak lama, tetapi baru kali ini bisa terwujud," ujar AHY, Kamis (25/6).

Tonton video 'AHY-Cak Imin Bertemu, Demokrat-PKB Sepakat Menolak RUU HIP':

(imk/imk)