Kunker ke Sukabumi, Ma'ruf Amin Minta Inovasi di Sekolah-Pasar Cegah Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 14:33 WIB
Kunker Wapres Maruf ke SMAN 4 Sukabumi
Kunker Wapres Ma'ruf ke SMAN 4 Sukabumi (dok. Sewapres)

Selain di sekolah, menurut Ma'ruf, inovasi perlu dilakukan di pasar dan terminal. Sebab, penularan masih terjadi di tempat keramaian itu.

"Jadi bukan di sekolah saja, saya kira di pasar juga ada inovasi, karena penularan terjadi di pasar-pasar, terminal di tempat orang berkumpul banyak itu perlu ada inovasi supaya mencegah terjadinya penularan itu," ungkapnya.

Ma'ruf menegaskan bahwa hingga saat ini penularan virus Corona masih terjadi. Jadi perlu menjaga supaya tidak terjadi peningkatan kasus.

"Sebab penularan ini belum berhenti, kita juga belum tahu kapan mau berhenti karena itu bagaimana kita menjaga mengawal supaya tidak terjadi, seperti yang sudah oleh pemerintah tetap menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, juga menjaga imunitas tubuh kita, ini terus kita jaga supaya tidak tertular," tutur Ma'ruf.

Ma'ruf berharap Sukabumi dapat mempertahankan agar tetap menjadi zona hijau. Ma'ruf juga meminta adanya langkah kreatif dalam penanganan virus Corona.

"Saya ingin juga nanti model penanganan daerah harus menjadi hijau, model penyelenggaraan pendidikannya bahkan juga model inovasi juga bagaimana menjaga di pasar-pasar, di terminal-terminal, di semua kegiatan supaya sesudah hijau ini jangan kembali jadi biru atau kuning, apalagi merah. Nah bagaimana ini menjaga konsistensinya, kalau hijau jangan balik. Bagaimana menjaga istikamahnya, mencapainya itu sulit tapi mempertahankannya juga tidak mudah," ungkapnya.

Dalam kunjungan ini, Ma'ruf didampingi Menteri Agama Fachrul Razi serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Selain ke SMAN, Ma'ruf dan rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Assobariyyah dan mendengarkan pemaparan penanganan COVID dari Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi.

Halaman

(lir/dhn)