Ada Mat Seni Abang Betawi di Ilustrasi Uang Redenominasi

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 14:07 WIB
Ilustrasi redenominasi
Ilustrasi redenominasi mata uang rupiah. (Istimewa)
Jakarta -

Pada desain terakhir uang Rp 20 hasil redenominasi nanti, gambar tokoh Betawi akan mengisi sisi depan. Sosok Betawi itu punya panggilan Mat Seni.

Berdasarkan ilustrasi redenominasi mata uang rupiah yang disampaikan Kementerian Keuangan pada 23 Januari 2013, uang Rp 20 akan didominasi warna hijau. Siapa sosok Mat Seni yang ada dalam ilustrasi Rp 20 itu?

Dialah Mohammad Husni Thamrin. Kaum urban Jakarta akrab dengan namanya lewat nama jalan di kawasan perkantoran Jakarta Pusat, Jalan MH Thamrin.

Dilansir situs Kementerian Sosial, MH Thamrin lahir pada 16 Februari 1894 di Weltevreden, Batavia, dan meninggal dunia di usia 46 tahun pada 11 Januari 1941 di Senen, Batavia. Dia dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Pemerintah menganugerahinya gelar pahlawan nasional pada 18 Juli 1960.

Dia berjasa sebagai politikus dan aktivis kemerdekaan. Dia adalah tokoh Betawi pertama yang menjadi anggota Dewan Rakyat (Volksraad) di Hindia Belanda mewakili kelompok Inlanders (pribumi).

Di dunia politik, dia adalah anggota Partai Indonesia Raya (Parindra). Pada 1939, Parindra yang diwakili Thamrin bergabung dalam Gabungan Politik Indonesia (GAPI) dengan tujuan 'Indonesia Berparlemen'.

Masyarakat mengenang MH Thamrin sebagai Abang Betawi atau Abang Jakarta.

Mohammad Husni Thamrin (Dok Dit K2KRS Kemensos)Mohammad Husni Thamrin (Dok Dit K2KRS Kemensos)
(dnu/van)