Sosok Djuanda dalam Ilustrasi Uang Baru Rp 50 Redenominasi

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 11:47 WIB
Djuanda Kartawijaya (Dok Dit K2KRS Kemensos)
Djuanda Kartawijaya (Dok Dit K2KRS Kemensos)
Jakarta -

Pada desain terbaru tahun 2013 uang redenominasi Rp 50, ada gambar pahlawan nasional berkacamata. Dia adalah Sang Menteri Maraton yang berjasa menjaga kedaulatan maritim Indonesia: Djuanda.

Gambar ilustrasi uang redenominasi sudah disapaikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sejak Rabu (23/1/2013). Ada uang 'sebelum redenominasi' seperti yang kita kenal saat ini, ilustrasi uang 'masa transisi redenominasi', dan ilustrasi uang 'setelah redenominasi'.

Sosok pahlawan nasional bernama lengkap Djuanda Kartawijaya itu ada di uang nominal Rp 50 'setelah redenominasi', potretnya juga ada pada uang pecahan 50 ribu sejak 16 Desember 2016. Rencananya, uang Rp 50 'setelah redenominasi' akan menggantikan uang Rp 50 ribu saat ini.

"Ir Djuanda Kartawijaya dijuluki 'Menteri Maraton' karena sejak awal kemerdekaan pada tahun 1946, beliau menjabat sebagai menteri muda, 14 kali sebagai menteri, dan sekali menjabat perdana menteri," tulis Mirnawati dalam buku 'Pahlawan Nasional Indonesia'.

Dilansir situs Kementerian Sosial, pria kelahiran Tasikmalaya 14 Januari 1911 itu pernah menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja I dan II, Menteri Pekerjaan Umum pada Kabinet Hatta I, Menteri Perdagangan pada Kabinet RIS, dan Menteri Perhubungan pada Kabinet Syahrir III, dan menjabat Perdana Menteri pada 1957-1959.

Jasa besarnya adalah menjaga kedaulatan maritim Indonesia di awal masa kemerdekaan. Nama Djuanda dikenal pula lewat deklarasi yang dia terbitkan pada 13 Desember 1957, yakni 'Deklarasi Djuanda'.

Ilustrasi redenominasiIlustrasi redenominasi (Istimewa)

Tonton video 'BI Bicara Simbol Mirip Palu Arit di Uang Baru':

Selanjutnya
Halaman
1 2