Viral JPO GBK Jadi Sasaran Vandalisme, Polisi Periksa CCTV

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 11:39 WIB
JPO Gelora Bung Karno (GBK) memancarkan lampu berwarna bendera Sri Lanka. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas terkait bom saat Paskah di Sri Lanka.
Ilustrasi JPO GBK di Jakarta. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sebuah foto viral di media sosial menunjukkan kondisi jembatan penyeberangan orang (JPO) Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat menjadi sasaran aksi vandalisme. Satu sisi bagian JPO tersebut dipenuhi coretan dari oknum tak bertanggung jawab tersebut.

Seperti dilihat detikcom di salah satu posting-an, tulisan berwarna hitam yang berbunyi 'Bagimu Strategi, Bagiku Gimmick' terlihat terpampang di sudut JPO. Selain coretan, kayu pegangan untuk para pejalan kaki yang melintas pun terlihat hilang dan diduga dicopot paksa oleh para pelaku tersebut.

Kapolsek Tanah Abang AKBP Muhammad Raden Jauhari membenarkan terkait peristiwa vandalisme di JPO GBK tersebut. Jauhari mengatakan sejak semalam pihaknya sudah mengecek langsung ke lokasi dan bersama dinas terkait telah membersihkan coretan di JPO GBK tersebut.



"Semalam tim saya sudah ke TKP. Itu memang benar, kita sudah koordinasi juga sama petugas PPSU dan Dinas Bina Marga untuk objek sudah dibersihkan, sudah diperbaiki," kata Jauhari ketika dihubungi, Rabu (8/7/2020).

Jauhari menuturkan saat ini pihaknya juga telah menyelidiki kamera CCTV yang berada di lokasi. Dia mengatakan bukti CCTV tersebut akan digunakan untuk memburu pelaku dari aksi vandalisme tersebut.



Lebih lanjut, Jauhari menyebutkan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan polisi dari pihak-pihak terkait aksi vandalisme tersebut. Namun, dia memastikan polisi akan tetap melakukan penyelidikan dan memburu pelaku.

"Sampai detik ini nggak ada laporan tapi kita tetap melakukan penyelidikan CCTV di objek itu," pungkas Jauhari.

(dkp/dkp)