Pedagang-Pembeli di Pasar Koja Baru Jakut Masih Pakai Kantong Plastik

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 09:40 WIB
Kantong plastik masih digunakan di Pasar Koja Baru Area 14, Jakarta Utara, Rabu (8/7/2020).
Kantong plastik masih digunakan di Pasar Koja Baru Area 14, Jakarta Utara. (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Larangan penggunaan kantong plastik di mal hingga pasar di Jakarta resmi diberlakukan. Namun, masih ada pedagang dan pembeli di Pasar Koja Baru Area 14, Jakarta Utara (Jakut), yang menggunakan kantong plastik.

Pantauan detikcom, Rabu (8/7/2020) pukul 08.20 WIB, terlihat beberapa kios pakaian di lantai 1 Pasar Koja Baru belum buka meski tidak lagi diberlakukan sistem ganjil-genap. Keramaian justru terlihat di lantai 2 tempat pedagang bahan pokok.


Pembeli tampak melakukan transaksi dengan pedagang sambil tetap memakai masker. Tampak petugas TNI dan Satpol PP berjaga untuk senantiasa mengingatkan protokol kesehatan. Aparatur sipil negara (ASN) yang biasa berpakaian khas cokelat belum terlihat.

Tampak pengelola pasar memasang display contoh penggunaan tas ramah lingkungan di lantai 1. Namun, masih ada saja pedagang-pembeli yang menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Contoh kantong ramah lingkungan.Contoh kantong ramah lingkungan. (Luqman/detikcom)



Hanya sedikit pembeli yang terlihat membawa sendiri tas ramah lingkungan. Hal itu terpaksa membuat pedagang melayani pembeli dengan kantong plastik.

Pedagang sayur, Rizal (52), mengaku belum bisa mencari pengganti kantong plastik. Dia berharap ada solusi dari Pemprov DKI untuk permasalahan pedagang ini.

"Kami pedagang kalau nggak pakai kresek atau belum ada gantinya bingung. Kami sih bisa-bisa saja (ikuti) instruksi Bapak Gubernur, tapi umpama belum ada gantinya yang ramah lingkungan, tapi kan sekarang belum," keluh Rizal.


Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan. Pergub tersebut mulai berlaku per 1 Juli 2020.

Anies mengatakan penerapan Pergub Nomor 142 Tahun 2019 dilakukan bertahap. Hal itu disampaikan saat menanggapi masih banyaknya pedagang pasar yang menggunakan kantong plastik.

"Pastilah bertahap," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/7).

Tonton video 'Awas! Anies Siapkan Denda Bagi Pemakai Kantong Plastik':

(zak/zak)