Alasan Komisi III RDP di KPK: Ingin Tahu Fasilitas Gedung Barunya

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 19:33 WIB
Komisi III DPR mengunjungi rutan KPK. Kegiatan itu dilakukan usai Komisi III DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPK.
Didampingi Firli Bahuri, Komisi III DPR mengecek Rutan KPK. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengungkapkan alasan mengelar rapat dengar pendapat (RDP) di gedung KPK. Ia mengaku ingin sekaligus melihat fasilitas yang berada di KPK.

"Kok datang ke KPK, kenapa tidak di gedung DPR saja, tadi saya clear-kan soal aturan. Kan KPK kami juga ingin melihat sejak gedung KPK yang baru ini jadi, sebagian besar anggota Komisi III juga baru periode sekarang yang baru masuk ingin tahu seperti apa KPK itu, hanya lewat-lewat di depan saja, bentuk selnya seperti apa, sehingga kami merasa perlu untuk dalam konteks pengawasan, mengajak anggota Komisi III melihat fasilitas yang ada di KPK," kata Herman Hery setelah RDP dengan KPK di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2020).

Sebab, ia mengatakan Komisi III yang mengesahkan anggaran untuk pembangunan fasilitas di KPK. Untuk itu, ia merasa perlu Komisi III melihat fasilitas itu.

"Karena waktu membikin fasilitas itu anggarannya juga kami yang menyetujui. Dalam fungsi itu kami juga mau lihat hasilnya seperti apa," sebutnya.

Herman mengatakan Komisi III juga langsung meninjau ke rumah tahanan (rutan) KPK setelah melakukan RDP. Peninjauan itu dilakukan untuk mengetahui prosedur dan tata tertib masuk ke rutan KPK.

"Kami tadi turun ke ruang tahanan. Perlu diingat, kami tidak bertemu dengan tahanan, tidak bertemu dengan tahanan, tidak ada kepentingan bertemu dengan tahanan KPK. Kami hanya mau lihat prosedurnya untuk masuk ke ruang tahanan itu, baik pengunjung maupun tahanan itu sendiri seperti apa prosedurnya," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2