Nama-nama Unik yang Pernah Viral: Tuhan-Saiton-Dita Leni Ravia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 17:07 WIB
Seorang pelajar asal Gunungkidul mendadak viral karena memiliki nama yang unik dalam bahasa Jawa. Apa sih artinya?
KTP Dita Leni Ravia (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Nama Dita Leni Ravia mendadak viral karena artinya unik, yakni 'diikat dengan tali rafia' dalam bahasa Jawa. Sebelumnya, sudah ada beberapa nama unik yang juga sempat viral.

Sebagaimana diketahui, remaja asal Dusun Widoro, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, bernama Dita Leni Ravia (17) mendadak viral karena arti namanya. Leni mengaku banyak orang yang penasaran ketika mengetahui nama lengkapnya.

Pelajar kelas 12 SMK I Saptosari ini menjelaskan, sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD), dia sering membuat teman dan gurunya terheran-heran dengan nama lengkapnya. Bahkan dia mengaku sempat menjadi buah bibir karena nama uniknya yang kalau dalam bahasa Indonesia artinya 'diikat dengan tali rafia' itu.

"Kalau seingat saya, pas SD itu guru saya heran dan bilang 'kok namanya seperti ini gimana' terus saya bilang 'tidak tahu'. Terus pas ujian itu sempat viral juga, tapi tidak seperti sekarang. Dulu hanya orang tertentu yang tahu, tapi kalau sekarang lewat HP kan bisa nyebar ke mana-mana," kata Dita Leni Ravia kepada detikcom, Selasa (7/7/2020).

Namun, sebelum Dita, sudah ada beberapa nama orang Indonesia yang viral karena keunikannya. Bahkan ada yang namanya terbilang sakral dan mengerikan. Berikut ini daftarnya:

1. Tuhan

Pada 2015, pernah viral sebuah foto kartu tanda penduduk (KTP) yang beridentitas Tuhan. Tuhan adalah warga Desa Kluncing, Licin, Banyuwangi.

Di rumah sederhana bercat kuning di sudut Dusun Krajan, Tuhan tinggal bersama istri dan dua putrinya. Laki laki kelahiran 30 Juni 1973 itu terlihat santun dan tak banyak bicara.

Di sekitar kampung tempatnya tinggal, laki-laki ini sebenarnya lebih akrab disapa Tohan. Namun banyak juga yang memanggilnya Pak To atau Pak Han. Ia tak menyangka foto KTP yang mencantumkan nama uniknya menjadi tenar.

"Ya nggak pernah nanya juga masalah itu (pemberian nama) ke orang tua saya. Orang tua juga nggak pernah cerita kenapa dikasih nama Tuhan," ujar Tuhan sambil senyum kecil ketika ditemui detikcom di rumahnya, Jumat (21/8/2015).

"Saya nggak merasa aneh dengan nama saya, biasa saja. Orang-orang sini juga sudah biasa sama nama saya," lanjutnya.

Namun Tuhan pernah disarankan untuk mengganti namanya. Ketum PBNU Said Aqil Siroj menyampaikan imbauan serupa agar pria asal Banyuwangi itu mengganti namanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3