Gabung GrabFood, Penjualan Kedai Auss Kah di Balikpapan Naik 110%

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 17:07 WIB
Grab Indonesia
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Riset CSIS dan Tenggara Strategics pada Januari 2020 menyebut gig economy yang didukung oleh teknologi Grab telah memberi dampak bagi ketahanan ekonomi Balikpapan. Tak terkecuali peningkatan pendapatan dan pemasukan hingga teknologi yang membuka kesempatan usaha.

Dampak tersebut turut dirasakan salah satu UMKM di Balikpapan yang telah merasakan manfaat dari digitalisasi, yaitu Erwin Ansari (34), Pemilik Kedai Auss Kah. Erwin mengatakan awalnya memulai bisnis hanya berbekal pengetahuan dari YouTube.

"Saya membangun bisnis dengan berbekal pengetahuan meracik minuman dingin dari beberapa video yang saya lihat di situs YouTube. Kedai Auss Kah ini terbilang cukup baru yaitu pada awal pandemi sekitar bulan April 2020," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/7/2020).

Erwin mengatakan awalnya hasil penjualan setiap harinya tidak lebih dari Rp 3,5 juta hingga akhirnya ia disarankan untuk mendaftar sebagai merchant GrabFood. Dalam waktu singkat, ia kini bisa merasakan peningkatan penjualan hingga 110% dan memiliki karyawan yang membantu operasional kedai miliknya.

"Pada awal berdiri, saya hanya bisa mendapatkan penjualan tidak lebih dari Rp 3,5 juta per harinya. Banyak yang menyarankan untuk saya mendaftar sebagai merchant GrabFood dan kini penjualan saya meningkat hingga 110% setiap harinya," ujar Erwin.

"Saya juga kini dibantu oleh karyawan. Senang rasanya bisa membuka lapangan kerja bukan hanya buat diri sendiri, tapi juga untuk orang lain," paparnya.

Sebagai informasi, di Balikpapan riset tersebut juga menjelaskan 5% mitra merchant GrabFood Balikpapan terinspirasi untuk memulai bisnisnya karena adanya GrabFood. Lalu sebanyak 16% mitra merchant menggunakan GrabFood saat pertama kali memulai bisnisnya.

Seiring dengan tumbuhnya bisnis mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios, mereka juga menyerap tenaga kerja dari komunitas mereka. Sebanyak 10% mitra merchant GrabFood dan GrabKios di Balikpapan menambah pegawai baru sejak bergabung dengan Grab.

Grab juga baru meluncurkan program #TerusUsaha di Balikpapan untuk membantu UMKM di Balikpapan dapat beradaptasi dan berkembang di era tatanan normal baru. Salah satunya meluncurkan microsite yang dirancang khusus bagi UMKM untuk memberikan tips dan pengetahuan lainnya agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

(prf/ega)