Kenang Bu Ani, SBY Bikin Lagu 'Gunung Limo'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 14:47 WIB
Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, wafat hari ini dalam usia 67 tahun. Semasa Ibu Ani hidup, pasangan ini saling melengkapi.
SBY dan mendiang sang istri, Ani Yudhoyono. (Dok. detikcom)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), merilis sebuah lagu berjudul 'Gunung Limo'. Lagu berbahasa Jawa itu dirilis untuk mengenang mendiang sang istri, Ani Yudhoyono, yang berulang tahun kemarin.

Lagu dan lirik 'Gunung Limo' diciptakan oleh SBY sendiri. Sementara penyanyi asal Trenggalek, Jawa Timur, Rofik Ali, mengaransemen dan menyanyikan lagu itu.

"Almarhumah istri tercinta pernah saya ajak berpergian ke sana, di kaki Gunung Limo. Saya terinspirasi membuat sebuah lagu untuk mengabadikan kenangan manis saya di Gunung Limo tersebut," ungkap SBY dalam video yang dibagikan, Selasa (7/7/2020).

Gunung Limo merupakan salah satu landmark di Kota Pacitan, tempat kelahiran SBY. Selain untuk mengabadikan kenangannya bersama mendiang sang istri, SBY mengatakan, ada kenangan bersama teman-temannya di Gunung Limo.

"Saya punya kenangan yang manis di Gunung Limo itu, waktu masih remaja bersama teman-teman, beberapa kali saya menaiki gunung itu," ujarnya.

Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, mengungkapkan bahwa proses pembuatan lagu 'Gunung Limo' terbilang singkat. Dia mengatakan proses mixing lagu dan suara dilakukan di studio sederhana milik Rofik Ali di Trenggalek, Jawa Timur.

"Termasuk video clip dari lagu ini dibuat secara sederhana menggunakan handphone dan dilakukan sepenuhnya oleh Rofik Ali dari kaki Gunung Limo, Pacitan," kata Ossy.

"SBY sungguh berharap agar masyarakat dapat menikmati tembang Jawa yang diciptakannya ini," sambungnya.

(mae/fjp)