Pemprov DKI Izinkan Bioskop-Event Outdoor Kembali Buka di Masa PSBB Transisi

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 11:40 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta.
Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi (Parekraf) DKI Jakarta mengizinkan tempat usaha bidang pariwisata kembali buka di masa perpanjangan PSBB transisi. Salah satu tempat usaha yang diperbolehkan buka kembali adalah bioskop.

Aturan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 140 Tahun 2020. SK itu diteken oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia.

"Bidang pariwisata yang beroperasi pada perpanjangan fase I masa transisi, hiburan dan rekreasi mulai tanggal 6 Juli-16 Juli 2020, bioskop, produksi film, penyelenggaraan pertunjukan/nobar di ruang terbuka," ujar Cucu dalam SK-nya seperti dilihat detikcom, Selasa (7/7/2020).

Cucu mengatakan bioskop akan dibuka mulai 6 Juli hingga 16 Juli mendatang. Nantinya, setelah 16 Juli Dinas Parekraf akan mengevaluasi pada 16 Juli mendatang, apakah bioskop sudah bisa beroperasi sepenuhnya atau belum.

"Iya (uji coba dibuka 6 hingga 16 Juli dan dievaluasi)," kata Cucu saat dikonfirmasi secara terpisah.

Kemudian, untuk bidang penyelenggaraan pertemuan seperti corporate event (outdoor) dan meeting. Bidang tersebut juga diizinkan kembali buka pada 6 Juli-16 Juli 2020.

Selain itu, gelanggang olahraga kecuali gelanggang renang atau kolam renang juga kembali diizinkan buka. Sektor tersebut dibuka pada 12 Juli-16 Juli 2020.

Cucu mengatakan, pihaknya meminta kepada pelaku usaha yang sudah diizinkan kembali buka itu untuk mematuhi aturan yang sudah ditentukan. Salah satunya menerapkan kapasitas 50%.

"Ada ketentuan umum, kapasitas 50%," katanya.

Setiap pengunjung yang akan masuk juga wajib dicek suhu tubuh. Selain itu, protokol kesehatan juga harus dipatuhi yakni menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer hingga menjaga jarak.

(zap/zap)