Round-Up

Geram Walkot Gegara Viral Pesepeda Wanita Tak Berjilbab di Banda Aceh

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 05:43 WIB
Sekelompok pesepeda wanita di Aceh yang foto pose di pantai sempat viral di medsos diamankan. Mereka meminta maaf dan membuat pernjanjian tak mengulangi perbuatan (Screenshot video)
Foto: Sekelompok pesepeda wanita di Aceh yang foto pose di pantai sempat viral di medsos diamankan. Mereka meminta maaf dan membuat pernjanjian tak mengulangi perbuatan (Screenshot video)

Setelah pencarian, para sekelompok perempuan itu berhasil diamankan. Mereka lantas meminta maaf dan membuat surat perjanjian tidak mengulangi perbuatannya.

"Mereka sudah dimintai keterangan kenapa bisa berbuat seperti," kata Kabag Humas Pemerintah Kota Banda Aceh Irwan.

Sembilan perempuan kemudian diminta membuat surat pernyataan. Menurut Irwan, kesepuluh orang tersebut mengaku menyesal sudah mengenakan pakaian tidak sesuai syariat Islam.

"Mereka menyebarkan (permintaan maaf) di medsos yang telah mereka publikasikan gowes seksi itu," ujar Irwan.

Setelah itu seluruhnya dipulangkan dari kantor polisi syariah usai dibina. Saat dibawa ke kantor Satpol PP-Wilayatul Hisbah (WH/Polisi Syariah), sebagian dari perempuan tersebut didampingi orang tua. Mereka mendapat pembinaan yang disampaikan Ustaz Ridwan Ibrahim sebelum akhirnya dibolehkan pulang.

"Mereka membuat penyesalan dan berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya. Tadi mereka buat surat pernyataan masing-masing satu lembar bahwa mereka khilaf dan tidak mengulangi lagi," jelas Irwan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3