6 Tahanan Kabur dari Rutan Polsek Abepura, 3 di Antaranya Masih Positif Corona

Wilpret Siagian - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 16:58 WIB
Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw.
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (Wilpret Siagian/detikcom)
Jayapura -

Enam tahanan Polsek Abepura, Papua, kabur dari rumah tahanan (rutan) Polsek Abepura. Tiga diantaranya masih berstatus positif Corona (COVID-19).

Tahanan tersebut masih melakukan isolasi sambil pengobatan. Mereka pun tidak diborgol saat karantina dan pengobatan.

"Enam tahanan itu, tiga di antaranya negatif dari hasil tes terakhir. Meski begitu, saya sudah perintahkan anggota beserta perwiranya untuk mencari para tahanan sampai dapat," ucap Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Senin (6/7/2020).

Menurut Waterpauw, tahanan di Polsek Abepura yang terpapar virus Corona dipisah dengan tahanan biasa. Tindakan itu dimaksudkan agar tidak terjadi penularan virus Corona di rutan.

"Laporan dari Kapolres, mereka menempati sel baru yang dikhususkan untuk tahanan COVID-19. Sedangkan tahanan lain ada di tahanan sementara di kantor Pos Abepura, sudah satu tahun ini. Yang kabur itu adalah tahanan COVID-19, ada 10 tahanan disini karena di Polresta sudah penuh," ujarnya.

Waterpauw akan melakukan evaluasi dalam kasus tersebut. Apakah ada tindakan tidak sesuai dengan protokol tetap (protap) ataupun prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP).

"Saya prihatin terhadap upaya anggota kita di Polsek dan Polres. Saya lihat mereka kurang disiplin menjaga dan mengawasi para tahanan baik yang bersifat penanganan mereka ataupun yang titipan dari Jaksa," ujarnya.

(aik/aik)