3 Pencuri Modus Pecah Kaca Mobil di Samarinda Dibekuk, 2 Eks Napi Asimilasi

Suriyatman - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 15:12 WIB
3 pelaku pencurian bermodus pecah kaca mobil di Samarinda (Foto: Suriyatman/detikcom)
Tiga pelaku pencurian bermodus pecah kaca mobil di Samarinda. (Suriyatman/detikcom)

Yuliansyah mengatakan modus yang dilakukan para pelaku adalah mengincar korban sejak dari pegadaian ataupun dari bank. Saat korban lengah, pelaku langsung melakukan aksinya.

"Modusnya pelaku mengempesi mobil korban yang sebelumnya dari kantor pegadaian untuk menebus perhiasan, namun tidak begitu jauh dari kantor pegadaian korban merasakan ban mobilnya kempis dan saat korban melihat ban mobil pelaku langsung memecahkan kaca mobil dan mengambil tas yang berisi perhiasan milik korban," tutur Yuliansyah.

"Sejumlah barang berharga milik korban senilai 60 juta berhasil dibawa kabur pelaku, beruntung sejumlah CCTV yang ada ditempat itu berhasil merekam aksi pelaku polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku," imbuhnya.

Dari hasil pengembangan yang dilakukan, pelaku merupakan kelompok pelaku kejahatan spesialis jambret dan pencurian pecah kaca. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

"Dalam catatan kepolisian sedikitnya ada 22 TKP yang dilakukan kelompok ini sejak bulan Maret hingga saat ini," kata Yuliansyah.

Halaman

(mae/mae)