Demi Lancar UTBK, Peserta Ini Biasakan Bermasker di Rumah Saat Try Out

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 19:01 WIB
Peserta UTBK di UNJ (Sachril/detikcom)
Foto: Peserta UTBK di UNJ (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah peserta punya trik untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Ada peserta yang sudah membiasakan memakai masker di rumah saat try out UTBK.

"Kalau saya sih udah apa ya, waktu try out udah latihan dulu. Maksudnya waktu latihan kan saya try out di rumah nih, jadi saya setiap ujian harus pakai masker. Jadi sudah berlatih di rumah jadi sudah terbiasa (memakai masker)," kata peserta ujian, Firdaus Ali Wardani (18), di UNJ, Jalan R Mangun Muka Raya, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur (Jaktim), Minggu (5/7/2020).

Karena sudah berlatih, Firdaus mengaku konsentrasinya tidak terganggu meski berjam-jam ujian sambil memakai masker. Dia tidak memakai face shield saat ujian.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ujian masuk universitas itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan.Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ujian masuk universitas itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan. Foto: Agung Pambudhy

Peserta ujian lainnya, Savira Aulia Fadhilah (17) mengaku sedikit mengalami kesulitan saat mengerjakan soal matematika. Saat UTBK tadi, Savira memakai face shield, masker, dan sarung tangan.

Pemakaian face shield dianggapnya cukup mengganggu. Meski begitu, wanita yang ingin kuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) ini menjelaskan penerapan protokol kesehatan UTBK ini sudah bagus.

"Sulit konsentrasi sih nggak. Cuma karena bernafas itu, kalau pakai face shield itu beruap. Ya jadi mungkin karena ruangannya ber-AC, karena pakai masker juga, jadi kalau bernapas itu beruap gitu lho. Burem gitu face shieldnya," ungkap Savira.

Peserta UTBK di UNJ (Sachril/detikcom)Demi Lancar UTBK, Peserta Ini Biasakan Bermasker di Rumah Saat Try Out Foto: Peserta UTBK di UNJ (Sachril/detikcom)

Peserta UTBK lainnya yang bernama Irfan Sigit (18) mengaku tidak masalah memakai masker dan sarung tangan saat ujian. Menurutnya, kewajiban memakai masker dan sarung tangan saat UTBK sudah sangat bagus.

"Ya sangat bagus sekali soalnya mengikuti anjuran pemerintah. Untuk mengganggu konsentrasi (saat memakai masker), nggak sih. Tapi mau gimana, apalagi terutama dalam keadaan COVID-19 seperti ini. Mau nggak mau kita dianjurkan untuk memakai masker," kata Irfan.

Ambarwati (18), peserta ujian lainnya, mengungkapkan ujian UTBK sedikit sulit. Dia mengaku optimis untuk bisa kuliah di UNJ.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ujian masuk universitas itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan.Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ujian masuk universitas itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan. Foto: Agung Pambudhy

Menurutnya, protokol kesehatan COVID-19 saat UTBK seperti wajib memakai masker dan sarung tangan sudah berjalan dengan baik. Ambarwati pun tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti ujian saat memakai masker.

"Nggak sih soalnya sudah biasa juga pakai masker," ujar Ambarwati.

Terpantau, pelaksanaan sesi 2 UTBK di UNJ sudah selesai. Peserta ujian langsung pergi meninggalkan UNJ. Petugas pun mengingatkan agar selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

(imk/imk)