Cerita Peserta UTBK Bermasker-Sarung Tangan Saat Tes: Tertib Meski Kepanasan

ADVERTISEMENT

Cerita Peserta UTBK Bermasker-Sarung Tangan Saat Tes: Tertib Meski Kepanasan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 14:02 WIB
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) digelar di Universitas Negeri Jakarta. Ujian masuk universitas itu digelar dengan terapkan protokol kesehatan.
UTBK di UNJ (Agung Pambudhy/detikcom)

Peserta ujian lainnya, Muhammad Adrian (19), mengaku sedikit sulit belajar di tengah pandemi COVID-19 ini. Dia mengaku belajar di tempat kursus lebih baik ketimbang di rumah.

Bila di tempat kursus, menurutnya, dia dapat bertanya ke guru tentang sesuatu pelajaran yang tidak dimengerti. Namun dia memaklumi, kegiatan belajar-mengajar dilakukan di rumah saat pandemi COVID-19.

"Menjelang pandemi (COVID-19) ini, saya belajarnya (untuk ikut UTBK) itu di rumah saja. Belajar di rumah itu saya agak sulit, ya. Kalau belajar di rumah kan kurang ngerti, sendiri gitu," kata Adrian.

Peserta UTBK di di UNJ (Sachril/detikcom)Cerita Peserta UTBK Bermasker-Sarung Tangan Saat Tes: Tertib Meski Kepanasan/Peserta UTBK di UNJ (Sachril/detikcom)

Dia mengungkapkan semua peserta ujian yang mengikuti UTBK wajib memakai masker dan sarung tangan. Adrian mengatakan protokol kesehatan saat UTBK ketat.

"Dan juga terus sama face shield yang memakainya. Yang wajib dibawa itu masker sama sarung tangan. Kalau face shield ini hanya disarankan saja," kata Adrian.

Terpantau, sesi pertama UTBK hari ini sudah selesai. Peserta yang telah selesai mengikuti ujian diminta petugas segera pulang. Orang tua peserta ujian yang sebelumnya duduk di kursi tunggu depan gedung Pustikom UNJ diminta segera meninggalkan tempat duduk.

"Mohon Bapak dan Ibu mengosongkan kursi. Kursi akan dipakai untuk peserta ujian di sesi siang. Tolong jangan berkerumun, segera meninggalkan tempat ini bagi yang sudah selesai mengikuti tes," kata petugas.


(imk/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT