Amien Rais Bicara Kriteria Menteri, PPP Tegaskan Wewenang Tetap di Jokowi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 10:10 WIB
Wasekjen PPP Achmad Baidowi
Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais bicara soal kriteria menteri dan mengaku tak sedang menjagokan seseorang. PPP mengatakan yang memiliki kewenangan untuk menentukan menteri adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terkait menteri merupakan hak prerogatif Presiden. Meskipun Pak Jokowi bukan profesor, tapi beliau presiden yang punya kewenangan. Meskipun profesor kalau bukan Presiden ya nggak punya kewenangan," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).

Pria yang akrab disapa Awiek itu mengatakan, meskipun Amien menjagokan seseorang untuk menjadi menteri, hal itu tidak mengubah apa pun.

"Meskipun misalnya ucapannya untuk jagokan seseorang, ya tetap tidak bisa ngapa-ngapain juga," ujarnya.

Awiek pun lantas kembali menyinggung sikap Amien yang menuding Jokowi hanya bersandiwara ketika memarahi para menterinya. Dia meminta Amien selalu bersikap positif.

"Ya sebaiknya berpikir positif terhadap sikap presiden yang geram. Itu tandanya Presiden punya kepedulian terhadap nasib rakyatnya. Terkait keluhan-keluhan Pak Amien seperti kondisi pedagang, buruh, dan seterusnya, apa yang sudah dilakukannya untuk membantu sesama bukan hanya curhat," tutur Awiek.

Sebelumnya, Amien Rais kembali bicara soal isu reshuffle dan video kemarahan Presiden Joko Widodo kepada para menterinya. Dalam pernyataan itu, Amien Rais mengatakan bukan sedang menjagokan seseorang.

"Jadi saya mengharapkan jangan sampailah pemerintahan Jokowi ini rontok sebelum waktunya. Karena itu, kalau memang mau reshuffle, saya tidak ada sedikit pun ya, 'jangan-jangan Pak Amien menjagokan seseorang', tidak, sama sekali," kata Amien Rais melalui video yang diunggah di akun Instagram miliknya, @amienraisofficial, Jumat (4/7).

Tonton video 'Soal Reshuffle, Amien Rais Singgung Kriteria Menteri Jokowi':

(mae/imk)