Kawasan Bundaran HI Padat Meski Tanpa CFD, Dishub DKI Akan Evaluasi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 08:41 WIB
Pesepeda-pelari di Bundaran HI, Minggu (5/7) pagi.
Suasana sekitar Bundarn HI tanpa CFD, 5 Juli 2020 (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Warga memadati kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat meski Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) sudah ditiadakan. Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyebut kondisi ini akan menjadi bahan evaluasinya.

"Hanya saja memang pengunjung saat ini luar biasa ya, cukup banyak. Pejalan laki juga yang menuju ke kawasan Bundaran HI ini, tentu menjadi evaluasi kami ke depan seperti apa," kata Syafrin saat ditemui detikcom di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020).

Syafrin mengatakan tujuan ditiadakannya HBKB di sekitar HI memang untuk memecah konsentrasi massa. Sehingga, kata Syafrin pihaknya menyiapkan lajur pop-up untuk pesepeda yang masih tetap ingin berolahraga.

"Memang tujuan kami meniadakan HBKB Sudirman-Thamrin itu adalah ingin memecah konsentrasi massa tidak terpusat. Namun bagi warga yang akan bersepeda di kawasan ini tetap disiapkan jalur sepeda sementara pop-up bike lane sebagaimana sekarang sudah disiapkan," katanya.

Syafrin menyadari kawasan HI masih banyak anak-anak dibawah 9 tahun yang berolahraga. Dishub hanya fokus pada 32 titik CFD yang sudah ditentukan.

"Ya memang yang kami lakukan pengawasan secara khusus pada 32 kawasan khusus pesepeda yang tersebar di 5 wilayah kota," ujar Syafrin.

Tonton video 'CFD Sudirman- Thamrin Ditiadakan, Ini 32 Kawasan Khusus Pesepeda':

Selanjutnya
Halaman
1 2