Waka DPRD Tagih Janji Pemprov DKI Beri Solusi Finansial Siswa Tertolak PPDB

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 08:29 WIB
Zita Anjani dkk usai menyerahkan LHKPN (Haris Fadhil/detikcom)
Foto: Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPRD DKI, Zita Anjani, menagih janji Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta soal akan memberikan solusi finansial maupun administrasi bagi murid yang tertolak masuk sekolah negeri gara-gara PPDB DKI 2020. Janji itu akan ditagih menyusul adanya tuntutan dari orang tua murid agar Pemprov DKI menyekolahkan anak-anak yang gagal dalam PPDB.

"Dinas Pendidikan berjanji memberikan solusi finansial maupun administrasi di Rapat Komisi E, Kamis 2 pekan lalu bagi siswa/siswi tidak mampu dan tertolak masuk negeri terpaksa masuk ke swasta. Ini akan kami tagih seusai PSBB selesai dalam rapat komisi," kata Zita kepada wartawan, Sabtu (4/7/2020).

Zita mengatakan sejak awal memang sudah tidak setuju dengan kebijakan PPDB DKI 2020 yang memprioritaskan usia dalam jalur zonasi tahun ini. Menurutnya, terjadi sebuah kemunduran pola pikir jika usia menjadi tolok ukur untuk mencapai visi sekolah yang heterogen.

"Saya dari awal kurang... Kalau menggunakan tolok ukur umur untuk mencapai visi sekolah yang heterogen dimana terjadi percampuran antara yang mampu dan tidak mampu maupun yang prestasi dan non prestasi, ini sebuah kemunduran pola berpikir. Sebenarnya sekolah negeri itu sudah heterogen, boleh tanya ke anak-anak yang bersekolah di negeri, mereka bercampur kok," ucap Zita.

Selanjutnya
Halaman
1 2