Round-Up

Jokowi Minta Rektor Cetak Mahasiswa Unggul Sambut Bonus Demografi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 08:16 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka konferensi virtual Forum Rektor Indonesia. Dalam pidatonya, Jokowi bicara soal pembentukan mahasiswa unggul hingga perubahan pola perkuliahan akibat pandemi Corona (COVID-19).

Awalnya Jokowi bicara soal kebutuhan sumber daya manusia yang unggul. Menurutnya, untuk menciptakan itu perlu dilakukan kerja cepat dengan didukung infrastruktur yang memadai.

"Kita butuh infrastruktur yang efisien. Ini sudah mulai kita bangun. Kita butuh cara kerja yang cepat, kompetitif, dan beroritentasi pada hasil. Ini terus kita upayakan dan kita butuh SDM yang unggul, yang produktif, yang inovatif, yang kompetitif. Di sinilah posisi strategisnya pendidikan tinggi, yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi mencetak generasi muda yang produktif dan kompetitif yang selalu berjuang untuk kemanusiaan dan kemajuan Indonesia," ujar Jokowi saat membuka konferensi virtual Forum Rektor Indonesia yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (4/7/2020).

Dia menyebut, pembentukan SDM unggul itu tak bisa dilakukan dengan cara biasa dan disibukkan dengan urusan administrasi. Jokowi meminta para rektor mengembangkan cara baru dan jarang dilakukan banyak orang.

"Kita harus berubah, kita harus mengembangkan cara-cara baru, mengembangkan strategi baru, yang smart shortcut, yang out of the box," jelasnya.

Dia menekankan, perguruan tinggi harus memberikan perhatian besar pada kesehatan fisik dan kesehatan mental mahasiswa. Suasana kampus, kata dia juga harus memperkokoh rasa kebangsaan, berintegritas tinggi, serta penuh toleransi dan menghargai demokrasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2