Jokowi Minta Kampus Cetak SDM Unggul, FRI: Perlu Kerja Sama dengan Pemerintah

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 07:17 WIB
Rektor IPB Arif Satria (Zunita Amalia/detikcom)
Foto: Ketua FRI Arif Satria (Zunita Amalia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para rektor perguruan tinggi di Indonesia untuk mencetak mahasiswa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang produktif, inovatif, serta kompetitif untuk menyongsong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi. Untuk mewujudkannya, Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria menilai perlu ada kerja sama antara kampus dengan pemerintah.

"Prinsipnya kampus-kampus sedang bertransformasi untuk bisa berperan dalam perubahan ini. Namun, kita harus mengakui bahwa kualitas kampus-kampus kita belum merata sehingga perlu kerja sama pemerintah dan FRI untuk menjahit konektivitas antarkampus sehingga terjalin kolaborasi produktif untuk peningkatan kualitas," kata Arif kepada wartawan, Sabtu (4/7/2020).

Arif mengatakan saat ini bangsa Indonesia tengah menghadapi situasi ketidakpastian dan ketidaknormalan. Sehingga, kata dia, diperlukan pemikiran yang dituntut harus selalu dinamis dan adaptif terhadap perubahan.

"Kita harus tinggalkan fixed mindset yang akan membuat kita stagnan. Hanya dengan growth mindset kita bisa bisa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh dan mampu membuat lompatan-lompatan. Bangsa Indonesia hanya bisa maju kalau kita berani melakukan lompatan-lompatan ke depan. Tidak bisa bangsa ini berjalan secara linier-evolusioner, kita perlu gebrakan eksponensial," ucap Arif.

Selanjutnya
Halaman
1 2