Round-Up

Misteri Ternak Mati di Taput: Dibuat Sayembara-Ternyata Ulah Hewan Langka

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 21:34 WIB
Hewan ternak di Taput mati misterius (dok. Istimewa)
Hewan ternak di Taput mati misterius. (Foto: dok. Istimewa)
Tapanuli Utara -

Misteri matinya puluhan hewan ternak di Tapanuli Utara (Taput) mulai terungkap. BKSDA menyebut pelaku kejadian ini diduga hewan binturong.

Peristiwa ini berawal saat puluhan hewan ternak warga ditemukan mati karena diisap darahnya. Ada luka gigitan di sekitar leher, dan darah hewan tampak diisap habis.

Mendapatkan aduan warga, Bupati Taput Nikson Nababan mengadakan sayembara untuk menangkap pelaku pembunuhan puluhan hewan ternak itu. Nikson menjanjikan uang Rp 10 juta bagi yang berhasil menangkap pelakunya.

"Ya betul, saya beri hadiah Rp 10 juta bagi siapa yang bisa menangkap makhluk tersebut," kata Nikson saat dimintai konfirmasi, Minggu (21/6).

3 Ekor Binturong Disita dari Seorang Warga di MedanBinturong (Foto: dok. Istimewa)

Nikson juga mengungkapkan adanya anggapan warga pemangsa hewan ternak yang mati ini adalah homang. Namun hal itu dibantah Nikson karena ditemukannya jejak hewan di lokasi kejadian.

Pernyataan Nikson itu dikuatkan oleh keterangan yang diberikan BKSDA. Pemangsa hewan ternak ini, menurut BKSDA, diduga adalah binturong, yang masih masuk keluarga musang.

Selanjutnya
Halaman
1 2