Polres Gorontalo Kota Kebanjiran, 31 Tahanan Dipindahkan

Ajis Khalid - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 16:45 WIB
Polres Gorontalo Kota Kebanjiran
Foto: Ajis/detikcom
Gorontalo -

Banjir merendam Polres Gorontalo Kota dengan ketinggian mencapai 1 meter. Akibatnya, 31 tahanan yang berada di Polres Gorontalo Kota harus dipindahkan.

"Sebanyak 31 tahanan tersebut diamankan di sejumlah rutan yang dinilai aman, antara lain di Rutan Polda Gorontalo sebanyak 8 orang, Rutan Polres Gorontalo sebanyak 5 orang, Rutan Polsek Kota Utara 4 orang, Rutan Polsek Barat 5 orang, Rutan Polsek Kota Tengah 4 orang, dan Rutan Polsek KPG sebanyak 5 orang," kata Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Wahyu Tri Cahyono, Sabtu (4/7/2020).

Dia menyatakan banjir sejak Jumat (3/7) itu juga merendam sejumlah fasilitas lain Polres Gorontalo Kota. Kerugian akibat banjir itu ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

"Akibat banjir tersebut, sejumlah fasilitas di Aspol tergenang air hingga seukuran dada orang dewasa, antara lain gedung logistik, TK Bhayangkari, Barak Samapta, Gedung Satpas SIM. Jumlah kerugian diperkirakan lebih dari Rp 1 miliar," ungkapnya.

Dia menyebut banjir itu disebabkan meluapnya air Sungai Bone. Selain area Polres, banjir merendam wilayah lain di sekitar sungai tersebut.

"Meluapnya air Sungai Bone pada Jumat kemarin sampai Sabtu dini hari tadi hingga menyebabkan sebagian besar wilayah Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo dilanda banjir. Kami juga tak luput terdampak banjir, di antaranya Aspol Polres Gorontalo Kota dan Mapolres Gorontalo Kota, yang secara letak diapit oleh dua sungai, yakni Sungai Bone dan Sungai Bolango," ucap Wahyu.

(abw/abw)