NasDem Dukung Istri Bupati Nonaktif Tersangka Korupsi di Pilkada Bengkalis

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 15:05 WIB
NasDem dukung Kasmarni, istri Amril Mukminin, Bupati nonaktif Bengkalis di Riau yang tersandung kasus korupsi di KPK (dok. Istimewa)
NasDem mendukung Kasmarni, istri Amril Mukminin, Bupati nonaktif Bengkalis di Riau yang tersandung kasus korupsi di KPK. (Foto: dok. Istimewa)
Bengkalis -

Kasmarni, istri Amril Mukminin, Bupati nonaktif Bengkalis di Riau yang tersandung kasus korupsi di KPK, mendapatkan dukungan dari Partai NasDem di Pilkada 2020. NasDem yakin Kasmarni tidak terlibat kasus korupsi yang menjerat suaminya.

"Iya benar, DPP NasDem memberikan dukungan Pilkada Bengkalis ke Kasmarni. Rencananya besok surat dukungan ini kita serahkan di kantor DPD NasDem Bengkalis," kata Ketua DPD NasDem Bengkalis Askori saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (4/7/2020).

NasDem menyatakan mendukung bukan tanpa alasan. Dari hasil survei yang dilakukan secara internal, elektabilitas Kasmarni, yang berpasangan dengan Bagus Santoso, dianggap masih mengungguli kandidat lainnya.

"Selain itu, dari 11 DPC NasDem yang ada di Bengkalis, seluruhnya juga merekomendasikan untuk mengusung Kasmarni. DPD dan DPW NasDem Riau juga memberikan dukungan yang sama sehingga DPP memutuskan dukungan ke Kasmarni," kata Askori.

NasDem menyadari saat ini suami Kasmarni tengah menghadapi persidangan tipikor dalam kasus korupsi proyek jalan Sungai Pakning-Duri. Namun diyakini, dugaan korupsi suaminya tidak melibatkan Kasmarni.

"Kami selalu memisahkan antara istri dan suami. Istri ya istri, suami ya suami. Banyak juga isu-isu keterlibatan beliau (Kasmarni), tetapi kita telusuri tidak ada keterlibatan beliau," kata Askori.

Askori menanggapi soal adanya aliran dana puluhan miliar rupiah ke rekening Kasmarni yang diungkap dalam persidangan tipikor di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru. Menurut Askori, aliran dana tersebut tidak terkait dana proyek jalan.

Askori menyebutkan aliran dana yang masuk ke rekening Kasmarni merupakan dana bagi hasil bisnis. Tidak terkait aliran dana proyek multiyears pembangunan jalan.

"Kita juga sudah tanyakan ke beliau soal aliran dana yang disebutkan itu. Menurutnya, dana itu memang benar ada, tapi itu pembagian dana bisnis yang tidak tersangkut soal proyek jalan," kata Askori.

Tonton juga 'KPK Tetapkan 10 Tersangka Terkait Korupsi Proyek di Bengkalis':

[Gambas:Video 20detik]

Sebelumnya, pasangan Kasmarni-Bagus Santoso di Pilkada Bengkalis ini telah mengantongi dukungan politik dari PAN, PKB, dan PBB. Ketiga partai ini juga memiliki dalil yang sama memberikan dukungan karena elektabilitas Kasmarni tertinggi dibanding bakal calon lainnya.

(cha/jbr)