Jokowi: Penting Memerdekakan Mahasiswa agar Mereka Menangkap Perubahan Dunia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 10:57 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 (Youtube Sekretaris Kabinet)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 (Youtube Sekretaris Kabinet)

Dalam upaya tersebut, Jokowi meminta perguruan tinggi aktif bekerja sama dengan industri. Dia mengatakan kerja sama dapat dilakukan dengan memberi pengalaman kerja bagi mahasiswa hingga tahap penelitian dan pengembangan teknologi (research dan development) dan pengembangan ilmu murni.

"Saya mengajak perguruan tinggi lebih aktif kerja sama dengan industri, termasuk bekerja sama dengan kawasan industri terdekat. Jika ada kawasan industri terdekat, ajak segera kerja sama, buka fakultas atau departemen, atau program studi di kawasan industri itu yang karakter keilmuannya dekat dengan jenis industri di kawasan tersebut," ujar Jokowi.

Terakhir, Jokowi meminta perguruan tinggi membangun mentalitas mahasiswa. Dia berharap kampus dapat menempa mahasiswa menjadi pribadi yang nasionalis dan bermental baja untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

"Terakhir, PT harus memberikan perhatian besar kepada kesehatan fisik dan mental mahasiswa. Membangun karakter mahasiswa yang hati dan pikirannya merah putih untuk Indonesia, yang berakhlak mulia, yang bermental baja, dan memegang teguh Pancasila. Suasana kampus harus memperkokoh rasa kebangsaan, menghargai kebinekaan dalam persaudaraan dan persatuan. Berintegritas tinggi serta penuh toleransi dan menghargai demokrasi," kata Jokowi.

Halaman

(jbr/dkp)