Polisi: Eks Barista Starbucks Ngaku Tak Sengaja Zoom Payudara Pelanggan di CCTV

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 18:51 WIB
Polisi Tetapkan Eks Pegawai Starbucks sebagai Tersangka Kasus Intip Pelanggan
Foto: Polisi rilis kasus eks pegawai Starbucks intip payudara pelanggan (Wilda Hayatun Nufus)

Setelah itu, KH langsung mengganti layar dengan mengklik tombol di sebelah kiri yang saat itu gambar dalam posisi mengecil. Kemudian KH men-zoom layar dan ternyata yang muncul adalah bagian payudara VA.

"Nah di luar di situ baru dia melihat sebelah kiri atas itu kan langsung kanan ter-zoom kan awalnya kecil dulu 'ah itu si VA' kan gitu. Nah baru untuk memperjelas dia melakukan zoom-nya, zoom di CCTV itu kan tinggal ngotakin di situ yang kecil tiba-tiba jadi besar," tuturnya.

Dalam hal ini, status KH adalah sebagai saksi. Polisi belum melihat ada unsur kesengajaan KH melakukan pelecehan seksual kepada VA.

"Kita belum temukan unsur kesengajaan , butuh pendalamannya dulu," tuturnya.

"Gini, kita cara ngezoom itu kan dari yang kecil kan zoom kan gambarnya awalnya kecil jadi si VA itu ada di kiri atas di layar, habis ngezoom dia (KH) kotakin, terus tiba-tiba langsung keluar jadi besar kan, nah keluar jadi besar itu kan seluruh badan jadi bukan berarti itu ibaratnya dia memfokuskan kepada hal-hal yang tidak senonoh itu," sambungnya.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan DD sebagai tersangka. DD sebut polisi, telah merekam dan memp-osting video di rekaman CCTV pada saat KH men-zoom ke arah pelanggan sehingga terlihat payudaranya. Baik DD dan KH sudah dipecat dari pekerjaannya sebagai barista.

Dipecat

Senior General Manager Corporate PR and Communications PT Sari Coffee Indonesia Andrea Siahaan mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti kejadian tersebut. PT Sari Coffee Indonesia memastikan kasus ini tidak akan terulang. Andreas juga menegaskan karyawan tersebut telah dipecat.

"Perilaku tersebut tidak dapat kami toleransi dan individu yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi bersama PT Sari Coffee Indonesia," tegas Andrea.

Video yang viral itu merupakan unggahan Instagram Story seorang pria. Bersama rekannya, dia memantau kamera CCTV di Starbucks dan meminta kamera di-zoom menyorot bagian payudara seorang pelanggan perempuan. Di video itu, terdengar pula mereka tertawa.


(mea/mea)