Anies Resmikan Pembukaan Kembali Masjid Amir Hamzah di TIM

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 14:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan kembali Masjid Amir Hamzah TIM
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan kembali Masjid Amir Hamzah TIM (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Masjid Amir Hamzah yang berlokasi di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Masjid ini kembali dibuka setelah setahun menjalani proses revitalisasi.

"Di hari yang mulia, di hari Jumat, kita memulai pemanfaatan gedung yang sudah selesai dikerjakan oleh Jakpro selama 1 tahun terakhir ini," kata Anies di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2020).

Pantauan detikcom pada Jumat (3/7/2020), Anies memimpin peresmian kembali Masjid Amir Hamzah. Dalam acara ini, turut hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta A Riza Patria dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla.

Anies mengungkapkan bahwa masjid ini masuk kedalam bangunan yang direvitalisasi di kawasan TIM, Jakarta Pusat. Sehingga, dalam kesempatan ini, ia membuka pemanfaatan gedung kembali.

"Kita semua bersyukur bahwa semua yang ditargetkan, amanat yang dititipkan bisa dijalankan dengan baik. Dan salah satu bagian dari proses revitalisasi pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, salah satunya adalah pembangunan kembali Masjid Amir Hamzah," ungkap Anies.

Anies menjelaskan masjid ini berlokasi di tengah kawasan pusat kesenian di DKI Jakarta. Sehingga, ia berharap masjid ini dapat digunakan sebagai ruang untuk seniman berkarya disamping menjalani kegiatan ibadah.

"Kita berharap sekali, ini nanti yang menjadi ekosistem yang sehat. Ekosistem yang sehat itu memberikan kesempatan untuk berbagai macam karya bermunculan. Belum tentu karya satu dengan karya lainnya sejalan. Tetapi ruang untuk bisa berkarya itu diberikan," jelasnya.

"Apalagi ini adalah sebuah masjid. Insyaallah nantinya dapat keduanya. Di sini juga tempat kegiatan ibadah mahdhah, tapi juga di sisi lain ini sebagai suatu tempat di mana para seniman, para budayawan, dan masyarakat dari berbagai tempat di Indonesia bisa merasakan suasana kreatif yang ada di tempat ini," sambungnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan kembali Masjid Amir Hamzah TIMGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembukaan kembali Masjid Amir Hamzah TIM Foto: Tiara Aliya Azzahra/detikcom

Tonton juga video 'PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang 14 Hari':

(aud/aud)