Sosok BCP Selalu Masuk Bursa Calon Pembantu Jokowi

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 13:53 WIB
Ahok berbaju putih bareng Megawati (Instagram @basukibtp)
Foto ilustrasi: Ahok berbaju putih bareng Megawati (Instagram @basukibtp)
Jakarta -

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kembali masuk bursa calon menteri di tengah isu santer reshuffle kabinet. Orang yang pernah disapa BCP oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut nyatanya memang sudah berulangkali jadi calon menteri Jokowi.

Megawati menyebut Ahok sebagai BCP bukan BTP, di pembukaan Kongres PDIP pada 8 Agustus 2019 silam. Apakah Megawati salah sebut? Tidak, Megawati mengeja nama Ahok sebagai Basuki Cahaya Purnama atau BCP.

"Di sini juga ada, aya karena juga sudah jadi kader PDI Perjuangan. Namanya BCP, Basuki Cahaya Purnama. Terkenal namanya Ahok," kata Megawati saat memperkenalkan Ahok masuk partainya.

BCP seolah jadi panggilan spesial Megawati untuk Ahok saat membuka Kongres V PDIP. Sapaan Megawati tersebut pun membuat Ahok bersyukur.

"Saya bersyukur saja. Dan saya memilih partai yang kita tidak mau tawar-menawar. Jadi republik ini nasionalis. Saya kira rasa itu seperti itu. Pidato Ibu luar biasa, membangkitkan semangat kita," ujarnya kala itu.

Jadi tamu 'kehormatan' di Kongres PDIP membuat isu liar langsung menerpa. Sejurus kemudian Ahok sudah masuk bursa calon menteri Jokowi. Ahok yang belum lama menghirup udara bebas kala itu langsung menampik isu itu, dengan jawaban khas soal pertanyaan terkait reshuffle kabinet.

"Saya nggak tahu. Itu hak prerogatif Presiden. Saya nggak tahu. Itu urusan Presiden," ucapnya.

Tonton video 'Kejengkelan Jokowi Hingga Ancam Reshuffle Menteri Kurang Sense of Crisis':

Selanjutnya
Halaman
1 2