BNN Musnahkan 86 Kg Sabu Hasil Tangkapan Selama Pandemi Corona

Wilda Nufus - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 12:31 WIB
BNN musnahkan barang bukti narkoba hasil tangkapan selama pandemi
Foto: Kepala BNN Komjen Heru Winarko dan Mensos Juliari Batubara musnahkan 86 kg sabu hasil tangkapan selama pandemi (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

BNN memusnahkan barang bukti narkotika hasil pengungkapan selama pandemi virus Corona (COVID-19). Sebanyak 86,6 kg sabu dimusnahkan.

"Kita akan memusnahkan, ini yang keempat kali, sabu 86,6 kg, ekstasi 80.430 butir, barang bukti tembakau gorilla waktu COVID-19 ini dapat masuk ke Indonesia itu sebanyak 211 gram, dimetil triptamina sebesar 1.538 gram," kata Kepala BNN Heru Winarko di kantornya Jalan M.T Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (3/7/2020).

Dalam acara pemusnahan ini, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara hadir dan turut memusnahkan barang haram tersebut. Heru mengatakan pihaknya menemukan narkotika jenis baru bernama dimetil triptamina 1.538 gram yang merupakan tanaman jenis serabut kulit kayu.

"Ada jenis narkotika baru masuk ke Indonesia yang berasal dari tanaman berupa serabut kulit kayu namanya dimetil triptamina sebesar 1.538 gram," ujarnya.

Narkotika jenis baru itu, disebut Heru, diamankan oleh Bea Cukai Kantor Pasar Baru. Meski demikian, tidak ada tersangka dalam kasus ini.

"29 April 2020, di Kabid Pengawasan Pelayanan Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru petugas mengamankan barang bukti jenis dimetil triptamina sebesar 1.538 gram dengan tidak ada tersangka," ucapnya.

Sementara itu, dalam kasus ini BNN telah mengamankan 8 orang tersangka yang melancarkan aksinya saat pandemi Corona. Mereka memesan lewat transaksi daring (online) menggunakan ojek aplikasi online.

"Tersangkanya 8 orang. Kita lihat ini kejadiannya, kejadian selama COVID dari awal Maret. Jadi mereka lewat jalur-jalur online dari berbagai tersangka, dan juga lewat jasa pengiriman termasuk dengan Go-Jek, Grab. Kita kerjasama juga, kita mengantisipasi jauh-jauh hari dengan adanya COVID ini pasti transaksi online," terang Heru.

Tonton video 'Polda Metro Musnahkan 1,2 Ton Sabu, Kapolri-Ketua MPR Hadir':

Selanjutnya
Halaman
1 2