Round-Up

Koalisi Jokowi Tangkis Kritik Amien Rais

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 05:44 WIB
Amien Rais di Semarang
Foto: Amien Rais di Semarang (Angling/detikcom)

1. PDIP

PDI Perjuangan (PDIP) membela Jokowi dan berusaha memaklumi pernyataan politikus senior PAN itu. Politikus PDIP Charles Honoris menegaskan Presiden memegang kendali penuh kerja para menterinya. Dalam sidang kabinet paripurna 18 Juni lalu itu, Jokowi disebutnya terlihat jelas tengah menunjukkan kendali tersebut.

"Terkait dengan tuduhan Amien Rais tentang drama, nggak usah dianggap serius, harus dimaklumi. Beliau memang mungkin sudah nggak terlalu jeli dan aktif melihat politik," sebut Charles.

Anggota Komisi I DPR ini menyindir balik Amien Rais. Charles menyinggung soal Amien yang tak lagi diberi posisi spesial di PAN.

"Mungkin sudah lelah, makanya di partainya pun sudah nggak masuk di jajaran kepengurusan. Semoga Pak Amien bisa menikmati masa pensiun politiknya dengan produktif," tuturnya.

2. Gerindra

Partai Gerindra tak mempermasalahkan soal Amien Rais mengkritik Presiden Jokowi yang marah ke menterinya. Gerindra menilai Jokowi tidak akan terbawa perasaan atau baper terhadap kritik Amien.

"Pak Amien sampaikan kritik kan biasa, nggak ada masalah. Pak Presiden juga pasti nggak akan baper," kata juru bicara Partai Gerindra Habiburokhman kepada wartawan.

Habiburokhman menilai sikap Jokowi menegur menterinya itu positif. Sebab, menurutnya, Jokowi harus mengingatkan agar para menterinya bekerja dengan baik.

3. PKB

PKB tak mau menganggap serius serangan Amien Rais ke Jokowi. PKB mengambil sisi positif dari pernyataan Amien soal Jokowi.

"Anggap saja obat kuat meskipun pahit mungkin berguna," tutur Ketua DPP PKB Daniel Johan.

4. PPP

Waketum PPP Arwani Thomafi menyebut soal Jokowi bersandiwara adalah pandangan subjektif Amien Rais. Terkait pidato Jokowi yang menyinggung reshuffle, Arwani menegaskan itu hak mutlak seorang presiden. Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu juga menyebut Jokowi tidak perlu meminta dukungan partai politik dalam hal reshuffle.

"Kemarahan Presiden saat berada di forum resmi, yakni sidang paripurna kabinet, bukan kegiatan stand up comedy. Audiensnya para menteri," kata Arwani.

5. Golkar

Partai Golkar membela Presiden Jokowi yang dikritik Amien Rais karena marah kepada menterinya. Golkar meminta Amien Rais tak sewot.

"Pak Amien Rais tak perlu sewot dengan sikap Presiden Jokowi. Itu hak Presiden dan harus dipahami bahwa apa yang dilakukannya sebagai akuntabilitas publik," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (2/7)

Halaman

(gbr/gbr)