Elitenya Dorong Anak Amien Rais Jadi Menteri, PAN Masih Tunggu Arahan Zulhas

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 23:35 WIB
Ahmad Mumtaz Rais, Kamis (2/1/2019)
Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta -

Wakil Sekjen DPP PAN Irvan Herman menyebut pernyataan Wakil Bendahara Umum Rizki Aljupri terkait pengajuan nama kader PAN untuk masuk ke kabinet Jokowi adalah pendapat pribadi. Salah satu yang disebut bakal masuk kabinet Jokowi adalah Ketua DPP PAN Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK) Mumtaz Rais, yang merupakan putra Amien Rais.

Irvan menegaskan pernyataan Rizki hanya pendapat pribadi dan tidak mewakili partai. Irvan menyebut sikap partai masih menunggu arahan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Sikap PAN terkait koalisi dan lebih jauh pengajuan nama-nama kader yang mengisi jabatan publik diputuskan melalui rapat kerja nasional (rakernas) dengan arahan dari Ketua Umum Zulkifli Hasan," kata Irvan dalam keterangannya, Kamis (2/7/2020).

Irvan menjelaskan PAN mempunyai juru bicara yang baru, yaitu Waketum PAN Viva Yoga Mauladi serta Widdi Aswindi. Irvan menegaskan Rizki Aljupri bukan jubir PAN, sehingga tak bisa mengatasnamakan sikap resmi partai.

"Rizki Aljupri bukan jubir yang ditunjuk partai dan karena itu pernyataannya saat ini dan ke depannya tidak mewakili sikap PAN," imbuhnya.

Sebelumnya, Rizki menyebut partainya siap membantu Jokowi dalam pemerintahan. Ia menawarkan kader-kader terbaik PAN, termasuk anak Amien Rais, yakni Mumtaz Rais.

"Pada dasarnya PAN siap jika diminta oleh Presiden Jokowi untuk turut berkontribusi di dalam pemerintahan. Beberapa nama yang mengemuka di internal adalah Mas Soetrisno Bachir (Ketua Wanhor DPP PAN), Eddy Soeparno (Sekjen DPP PAN), Teguh Juwarno (eks Ketua Komisi VI DPR RI), dan Mumtaz Rais (Ketua POK DPP PAN)," urai Rizki.

Meski begitu, Rizki menyatakan pihaknya belum berkomunikasi dengan Jokowi terkait reshuffle. Ia hanya menyatakan PAN siap bergabung di pemerintahan.

(isa/gbr)