Dandim Aceh Jaya Minta Prajurit TNI Tes Urine Mendadak: Pakai Narkoba Dipecat

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:32 WIB
Dandim Aceh Jaya
Dandim Aceh Jaya (Agus/detikcom)
Banda Aceh -

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat meminta seluruh prajurit TNI bawahannya melakukan tes urine secara mendadak. Bila anggotanya terbukti menggunakan narkoba, dia akan memecatnya.

"Sudah jelas hukuman untuk penyalahgunaan narkoba adalah dipecat," kata Arief dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (2/7/2020).

Tes urine mendadak ini digelar di Makodim Aceh Jaya pagi tadi. Anggota Kodim mulai perwira hingga puluhan prajurit diminta tes urine.

Menurutnya, tes urine mendadak tersebut dilakukan untuk mencegah prajurit TNI dalam penyalahgunaan narkoba. Dari hasil tes, diketahui semua anggota TNI di Kodim Aceh Jaya negatif narkoba.

"Kegiatan tes narkoba ini rutin kita laksanakan kepada seluruh prajurit, baik secara acak maupun sasaran terpilih, berdasarkan pengamatan perilaku sehari-hari prajurit," ujar Arief.

Dia mengatakan pengawasan terhadap prajurit TNI tetap dilakukan meski di tengah pandemi Corona. Dia mengingatkan anggotanya agar tidak terjerumus dalam narkoba.

"Di tengah kondisi penanganan COVID-19 yang intens kita laksanakan, tidak mengurangi kewaspadaan kita terhadap kemungkinan penyalahgunaan narkoba di kalangan prajurit," jelasnya.

Tonton video 'Kapolri: Polisi Kena Narkoba Harusnya Dihukum Mati':

(agse/zap)