PPP: Jokowi Bukan Stand Up Comedy

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:29 WIB
Waketum PPP Arwani Thomafi
Arwani Thomafi (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Politikus senior Amien Rais melihat kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersandiwara saat marah-marah kepada para menterinya dalam sidang kabinet paripurna 18 Juni 2020. Bagaimana tanggapan PPP selaku partai pengusung Jokowi?

"Kemarahan Presiden saat berada di forum resmi, yakni sidang paripurna kabinet, bukan kegiatan stand up comedy. Audiensnya para menteri," kata Waketum PPP Arwani Thomafi kepada wartawan, Kamis (2/7/2020).

Arwani menyebut soal Jokowi bersandiwara adalah pandangan subjektif Amien Rais. "Penilaian Pak Amien terhadap pidato Presiden yang dianggap hanya sandiwara itu adalah hak subjektif Pak Amien. Mengenai pidato Presiden yang ditanggapi beragam oleh publik, itu merupakan risiko dari pernyataan yang disampaikan ke publik," sebutnya.

Terkait pidato Jokowi yang menyinggung reshuffle, Arwani menegaskan itu hak mutlak seorang presiden. Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu juga menyebut Jokowi tidak perlu meminta dukungan partai politik dalam hal reshuffle.

"Mengenai substansi pernyataan Presiden perihal reshuffle dan lain-lain, hakikatnya Presiden memiliki kewenangan penuh untuk melakukan apa pun terkait dengan kabinetnya, karena tanggung jawab penuh kabinet ada di tangan Presiden," terang Arwani.

"Presiden secara normatif juga tak perlu meminta dukungan dari publik dalam melakukan perombakan kabinet, karena konstitusi telah memberi dukungan dan ruang sepenuhnya bagi Presiden untuk mengelola pemerintahan ini yang di dalamnya, termasuk mengelola kabinet dan para menterinya," imbuhnya.

Sebelumnya, pendiri PAN Amien Rais berbicara tentnag Presiden Jokowi yang marah terhadap para menterinya beberapa waktu lalu. Tentang kejengkelan Jokowi terhadap para menterinya itu, Amien Rais menilai ada dua kemungkinan.

"Nah, sekarang saya lihat ada dua kemungkinan. Pertama, Pak Jokowi maaf sedang bersandiwara politik, dengan mengaduh-aduh merintih-rintih, biar rakyat kembali menjadi mempercayai Pak Jokowi, mencintai Pak Jokowi, beliau harus dibela. Jadi yang--maaf--membuat jengkel Pak Jokowi adalah para menterinya, sementara Pak Jokowi itu bagus sekali," urai Amien Rais melalui video yang di-posting di akun Instagram miliknya @amienraisofficial, seperti yang dilihat detikcom, Kamis (2/7).

(zak/van)