PKB: Kritik Keras Amien Rais Obat Kuat Jokowi

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:10 WIB
Wasekjen PKB Daniel Johan
Daniel Johan (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Amien Rais menyebut Presiden Joko Widodo sedang melakukan sandiwara politik saat marah kepada para menterinya yang kurang becus menangani pandemi virus Corona (COVID-19). PKB tak mau menganggap serius serangan Amien Rais ke Jokowi itu.

"Kalau tidak seperti itu, namanya bukan Pak Amien Rais," ungkap Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Kamis (2/7/2020).

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini mengambil sisi positif dari pernyataan Amien soal Jokowi. Daniel menganggap serangan Amien tersebut sebagai obat yang bisa berguna di kemudian hari.

"Anggap saja obat kuat meskipun pahit mungkin berguna," tuturnya.

Daniel pun membela Presiden Jokowi, yang videonya saat marah kepada jajaran kabinetnya beredar beberapa waktu lalu. Ia menegaskan Jokowi tidak sedang bersandiwara, melainkan tengah memberi motivasi kepada para menterinya agar bekerja lebih baik lagi dalam menangani pandemi Corona.

"Tujuan Presiden Jokowi saat itu untuk memacu semangat sekaligus peringatan kepada para menteri agar lebih militan. Kita harapkan akan segera ada perbaikan," ucap Daniel.

Sebelumnya diberitakan, Amien Rais menyebut Jokowi sedang bersandiwara saat terlihat marah ketika memberikan pengarahan kepada jajaran Kabinet Indonesia Maju. Ia memberi beberapa sindiran.

"Saya terbit kasihan, terbit ketawa juga. Kemudian seperti menepuk air didulang, tepecik muka sendiri juga," ujar Amien Rais melalui video yang di-posting di akun Instagram miliknya @amienraisofficial, seperti yang dilihat detikcom, Kamis (2/7).

"Nah, sekarang saya lihat ada dua kemungkinan. Pertama, Pak Jokowi--maaf--sedang bersandiwara politik dengan mengaduh-aduh, merintih-rintih, biar rakyat kembali menjadi mempercayai Pak Jokowi, mencintai Pak Jokowi, beliau harus dibela. Jadi yang--maaf--membuat jengkel Pak Jokowi adalah para menterinya, sementara Pak Jokowi itu bagus sekali," tambah politikus senior PAN tersebut.

Amien Rais kemudian meminta, jika ada rencana reshuffle, seharusnya dilakukan dengan cepat oleh Jokowi. Dalam sidang kabinet paripurna 18 Juni lalu itu, Jokowi memang sempat menyinggung akan melakukan reshuffle bila kerja menterinya tidak beres dalam penanganan Corona.

"Bismillah... dengan nama Allah itu luar biasa. Kalau sudah pakai bismillah tapi masih cengengesan, kalau dalam bahasa Jawa Solo itu, ya saya kira Allah malah akan membuat perhitungan. Kira-kira begitu saja," kata Amien Rais.

Tonton video 'Amien Rais Kritik Jokowi Marahi Menteri: Sandiwara Politik!':

(elz/van)